Famaylia, Hidayaturrohmah (2019) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MI MA’ARIF NU DARMAKRADENAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (286kB) | Preview |
|
Text
FAMAYLIA HIDAYATURROHMAH_PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KECER.pdf Restricted to Registered users only Download (859kB) |
Abstract
Dunia Pendidikan khusunya sekolah memiliki dua komponen penting yaitu guru dan murid. Guru sendiri merupakan fakor penting dalam pembinaan dan kualitas pendidikan, maka dalam pelaksanaan suatu pembelajaran peran guru terhadap murid di sekolah menentukan bagaimana keberhasilan dari muridnya itu sendiri. Peran guru di sekolah sangatlah penting. Karena pada dasarnya selain mengajar guru harus menjadi tauladan, karena guru merupakan orang tua kedua bagi peserta didik di sekolah yang mendidik, membimbing, mengajar dan melatih peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di MI Ma’arif NU Darmakradenan kecamatan Ajibarang kabupaten Banyumas. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah semua guru yang berada di MI Ma’arif NU Darmakradenan. Adapun objek penelitian yang ada dalam skripsi ini yaitu peran guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di MI Ma’arif NU Darmakradenan. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan teknik analisis model interaktis Miles dan Huberman yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di MI Ma’arif NU Darmakradenan kecamatan Ajibarang kabupaten Banyumas yang diteliti menggunakan teori peran guru dan teori cara meningkatkan kecerdasan spiritual. Peran guru sebagai inspirator dengan cara mengkaitan materi mata pelajaran Al Quran Hadist, Akidah-Akhlak, dan Fikih pada program pembiasaan keagamaan sehingga siswa dapat merenungkan berbagai materi spiritual dari segala sesuatu yang mereka pelajari, peran guru sebagai pembimbing melalui teladan dalam bentuk nyata yang diwujudkan perilaku baik lisan, tulisan, maupun perbuatan, peran guru sebagai demonstrator mengenalkan dan mencontohkan kegiatan keagamaan secara nyata, peran guru sebagai korektor dengan menanamkan nilai Iman dan sikap percaya diri untuk mengenal dan mencintai ciptaan Tuhan yang dapat dirangsang melalui penanaman nilai-nilai moral dan agama dan peran guru sebagai inisiator dengan kegiatan amal jumat untuk membangun sikap toleransi kepada sesama sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Dari banyaknya peran guru, hanya lima peran yang dapat meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. Hal ini dilihat dari perubahan siswa walaupun anak-anak tetapi kesadaran beribadah kepada Tuhan sangat tinggi dan melakukan pembiasaan keagamaan lainnya tanpa disuruh oleh guru (inisiatif sendiri).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru, Kecerdasan Spiritual, MI Ma’arif NU Darmakradenan |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 29 Aug 2019 02:04 |
Last Modified: | 29 Aug 2019 02:04 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6022 |
Actions (login required)
View Item |