KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISALAM DI MTs SALAFIYAH KECAMATAN BANTARSARI KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

TENTI KHOLWATUL WAHIDAH, NIM. 102331112 (2014) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISALAM DI MTs SALAFIYAH KECAMATAN BANTARSARI KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
TENTI KHOLWATUL WAHIDAH_KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISALAM DI MTs SALAFIYAH KECAMATAN BANTARSARI KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Untuk dapat melaksanakan fungsinya dengan baik, guru wajib untuk memiliki syarat tertentu, salah satunya adalah kompetensi. Proses belajar dan hasil belajar bukan hanya ditentukan oleh sekolah, pola, struktur dan isi kurikulumnya, akan tetapi sebagian besar ditentukan oleh kompetensi guru yang mengajar dan membimbing mereka. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kompetensi pedagogik guru rumpun pendidikan Agama Islam di MTs Salafiyah Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis penelitian lapangan (field research). Dan metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif analisis non statis. Untuk memperoleh data tentang kompetensi pedagogik guru rumpun pendidikan agama islam di MTs Salafiyah Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap. Adapun proses pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu para guru rumpun Pendidikan Agama Islam, kepala MTs Salafiyah Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis data kualitatif yaitu menganalisa dengan non statistik atau metode deskriptif analisis yakni penulis menggabungkan data-data yang satu dengan yang lain. kemudian penulis mewujudkan hasilnya dengan bentuk kata-kata atau kalimat yang disusun dalam bentuklaporan yang menggambarkan bagaimana kompetensi pedagogik guru rumpun PAI di MTs Salafiyah Bantarsari secara detail. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik guru rumpun PAI di MTs Salafiyah Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap, sudah bisa dikatakan berkompeten dengan terpenuhinya penguasaan terhadap indikator kompetensi pedagogik yaitu: menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual, menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik, mengembangkan pembelajaran yang mendidik, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasi potensi yang dimiliki, berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun terhadap peserta didik, menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi, untuk kepentingan pembelajaran, melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:09
Last Modified: 01 Aug 2016 04:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item View Item