IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI NEGERI 3 BANYUMAS Oleh : Indri Sofatun Nisa NIM : 1522405056

Indri Sofatun Nisa, 1522405056 (2019) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI NEGERI 3 BANYUMAS Oleh : Indri Sofatun Nisa NIM : 1522405056. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Metode demonstrasi merupakan salah satu metode yang cocok untuk digunakan dalam proses pembelajaran agar peserta didik lebih tertarik dan antusias dalam melaksanakan proses pembelajaran. Metode demonstrasi juga dapat memberikan kesan secara mendalam kepada peserta didik saat proses penerimaan pembelajaran berlangsung, sehingga membentuk pengertian yang baik dan sempurna. Rumusan masalah ini adalah “Bagaimana Implementasi metode Demonstrasi pada pembelajaran tematik kelas V di MI Negeri 3 Banyumas?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran tematik kelas V di MI Negeri 3 Banyumas. Jenis peneltian ini adalah penelitan lapangan (fieldresearch). Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru kelas V, siswa kelas V, dan kepala madrasah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis desriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengimplementasikan metode demonstrasi pada pembelajaran tematik kelas V di MI Negeri 3 Banyumas melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan meliputi penyususnan RPP dan seluruh komponen RPP. Tahap pelaksanaan yang dilakukan guru meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Dari ketiga tahap pelaksanaan guru kelas V telah berhasil menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran tematik. Pada tahap evaluasi dilakukan melalui kegiatan tes tertulis, tes lisan dan tugas kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran,Demonstrasi, Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Aug 2019 03:12
Last Modified: 28 Aug 2019 03:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6008

Actions (login required)

View Item View Item