ANALISIS STRATEGI BERSAING USAHA KULINER DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (Studi Kasus Mie Ayam Hot Plate Ajibarang)

Afifah Sari, 1522201040 (2019) ANALISIS STRATEGI BERSAING USAHA KULINER DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (Studi Kasus Mie Ayam Hot Plate Ajibarang). Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
AFIFAH SARI_ANALISIS STRATEGI BERSAING USAHA KULINER DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN(STUDI KAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mie Ayam merupakan makanan khas Indonesia yang sangat digemari masyarakat termasuk masyarakat di kotaAjibarang. Hal ini tentu menjadi peluang besar bagi para pelaku usaha untuk membuka usaha kuliner mie ayam.Salah satu pelaku usaha yang memanfaatkan hal ini adalah pemilik Mie Ayam Hot Plate Ajibarang yang berada di Jl. Lingkar, Tambakan, Ajibarang Kulon. Rumah makan ini bukanlah satu-satunya rumah makan yang menyediakan menu mie ayam yang ada di kotaAjibarang, melainkan ada banyak pesaingnya di luar sana. Mie Ayam Hot Plate Ajibarang merupakan usaha bisnis di bidang kuliner yang menyajikan menu mie ayam dengan inovasi baru yaitu dengan menggunakan hot plate dalam penyajiannya, variasinya pun bermacam-macam. Adapun tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang digunakan oleh Mie Ayam Hot Plate Ajibarang dalam meningkatkan omset penjualan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang saya lakukan, saya dapat menganalisis bahwa strategi bersaing yang digunakan Mie Ayam Hot Plate yaitu menggunakan strategi diferensiasi yang mencakup diferensiasi produk, diferensiasi pelayanan, diferensiasi personil, dan diferensiasi citra. Dari keempat strategi bersaing tersebut mempunyai dampak positif terhadap peningkatan omset penjualan Mie Ayam Hot Plate Ajibarang yaitu dari tahun 2018 ke tahun 2019 (per April) naik sebesar 6%. Omset pada tahun 2018 sebesar Rp. 912.538.000,- dan omset pada tahun 2019 sebesar Rp. 970.785.000,-.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi bersaing, mie ayam, omset penjualan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Manajemen Produksi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 27 Aug 2019 06:21
Last Modified: 27 Aug 2019 06:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5999

Actions (login required)

View Item View Item