PENGARUH PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X MA AL MIZAN KALIMAS PEMALANG

Eni Ernawati, 1522407013 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X MA AL MIZAN KALIMAS PEMALANG. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BABV PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (819kB) | Preview
[img] Text
ENI ERNAWATI_PENGARUH PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa kelas X MA Al Mizan Kalimas Pemalang. Siswa kurang dalam memahami konsep matematika sehingga mereka mengalami kesulitan belajar matematika. Maka diperlukan solusi agar siswa dapat memahami materi dengan baik. Salah satu solusi yang dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa adalah dengan menerapkan metode tutor sebaya. Karena Menurut Suharsimi Arikunto adakalanya seorang siswa lebih mudah menerima keterangan yang diberikan oleh kawan sebangku atau kawan yang lain karena tidak adanya rasa enggan atau malu untuk bertanya,dan juga bahasa siswa lebih dimengerti oleh temannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode tutor sebaya terhadap kemampuan pemahaman matematis materi trigonometri siswa kelas X MA Al Mizan Kalimas Pemalang. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian The Nonequivalent Pretest-Posstest Control Group Design. Populasi dari penelitian ini siswa kelas X MA Al Mizan Kalimas Pemalang, terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IPS 1 berjumlah 20 siswa dan kelas X IPS 2 berjumlah 21 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes sebagai pengukur kemampuan pemahaman matematis siswa. Analisis data menggunakan uji N-Gain. Berdasarkan hasil perhitungan, kelas eksperimen diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,67 masuk dalam kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,30 masuk dalam kategori rendah. Artinya, kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode tutor sebaya lebih baik daripada yang diajarkan dengan metode konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tutor sebaya berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Tutor, Sebaya, Pemahaman, Matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 27 Aug 2019 04:13
Last Modified: 27 Aug 2019 04:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5997

Actions (login required)

View Item View Item