MANAJEMEN PENGUKURAN DAN PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD (Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Satria Kabupaten Banyumas)

MAELANI AZIZAH, NIM. 102323048 (2015) MANAJEMEN PENGUKURAN DAN PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD (Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Satria Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
MAELANI AZIZAH_MANAJEMEN PENGUKURAN DAN PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD (Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Satria Kabupaten Banyumas).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (801kB) | Preview

Abstract

Balanced Scorecard merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengukur dan menilai suatu organisasi baik organisasi yang berorientasi pada profit ataupun non profit secara seimbang dengan menggunakan kartu skor. Aspekaspek yang digunakan dalam balanced scorecard antara lain: perspektif pelanggan, keuangan, proses bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian Balanced Scorecard dilakukan di PDAM Tirta Satria Kabupaten Banyumas karena pada perusahaan tersebut dalam menilai kinerjanya hanya menggunakan tiga aspek yaitu aspek keuangan, operasional dan aspek administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengukuran dan penilaian kinerja di PDAM Tirta Satria Kab. Banyumas dengan menggunakan balanced scorecard. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode analisis kualitatif yang dijelaskan dalam bentuk deskriptif. Sumber datanya diperoleh melalui observasi langsung, wawancara, data perusahaan, dan kuesioner. Data-data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, and Threats) dan dianalisis dalam perspektif ekonomi Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengukuran dan penilaian kinerja di PDAM Tirta Satria Kab. Banyumas secara keseluruhan dikategorikan BAIK dengan total skor 84,56%. Perspektif Keuangan memberikan skor tertinggi, yaitu sebesar 23,57%. Kontribusi dari persepktif pelanggan yaitu 21,74%, perspektif bisnis internal memberikan kontribusi sebesar 21,25% dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran mendapatkan skor terendah yaitu 18%. Kata kunci: Pengukuran dan penilaian kinerja, Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 01 Aug 2016 03:50
Last Modified: 01 Aug 2016 03:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/599

Actions (login required)

View Item View Item