Nur Khayati, 1717651051 (2019) MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH LANGKAP BUMIAYU BREBES. Masters thesis, IAIN.
|
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) | Preview |
|
Text
NUR KHAYATI_MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dilakukan karena fenomena pelaksanaan manajemen pembiayaan pendidikan di MI Muhammadiyah Langkap Bumiayu Brebes, mampu berjalan lancar dengan segala keterbatasan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan diskripsi tentang kegiatan perencanaan, pengorganisasian pelaksanaan,dan pengawasan pembiayaan pendidikan di MI Muhammadiyah langkap Bumiayu Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian lapanagn engan pendekatan kualitatif. dan Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Pengujian keabsahan data didadasarkan pada keterpercayaan, Transferebilitas dan konfirmabilitas/objektifitas. Dari hasil analisis data diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, Perencanaan pembiayaan dilakukan dengan menetapkan skala prioritas , dengan biaya BOS,yang merujuk PP, dengan perhitungan cermat , mengoptimalkan sumber daya, diformulasikan dan dioperasionalkan, menghasilkan desain ideal, hasil perencanaan berupa efisiensi anggaran.pemaksimalan fungsi manajemen dan kebutuhan siswa terakomodir. Kedua, Pengorganisasian memperhatikan ketersediaan sumber daya , memanfaatkan segala sesuatu yang telah ada sebagai bahan pertimbangan untuk mengorganisasikan program, memperhatikan skala prioritas, yang akan dijalankan agar tidak sukar dalam pelaksanaannya,dan dijabarkan berdasarkan program madrasah yang mengacu evaluasi diri madrasah. Ketiga Aktuating pembiayaan melibatkan pelaksana bertindak sesuai perencanaan dengan petunjuk teknis BOS, pentingnya orientasi dan menggerakkan operator agar visi tercapai, semua pengeluaran di catat dan di SPJ kan. Pembagian wewenang dan tanggungjawab ditujukan agar terhindar dari penyalagunaan dan arogansi kekuasaan, dan pembiayaan yang tidak tercantum dalam perencanaan dapat disikapi dengan prinsip fleksibilitas dan kebermanfaatan anggaran. Keempat Pengawasan berfungsi memonitoring seluruh aktifitas penggunaan pembiayaan anggaran pendidikan, mencegah terjadinya kesalahan, dan mencegah penyimpangan,Kenyataannya masih terdapat pembiayaan yang tidak tercantum dalam APBM, sehingga diperlukan tambahan biaya dari sumber lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pembiayaan, pendidikan |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 07:20 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 07:20 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5986 |
Actions (login required)
View Item |