PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MATERI POKOK MUHADATSAH MELALUI METODE RESITASI PADA SISWA KELAS VI (ENAM) MI SALAFIYAH SLARANG KIDUL KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013

MUNTAHA MASIR, NIM. 092335125 (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MATERI POKOK MUHADATSAH MELALUI METODE RESITASI PADA SISWA KELAS VI (ENAM) MI SALAFIYAH SLARANG KIDUL KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
MUNTAHA MASIR_PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MATERI POKOK MUHADATSAH MELALUI METODE RESITASI PADA SISWA KELAS VI (ENAM) MI SALAFIYAH SLARANG KIDUL KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012-2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan, pengajaran efektif adalah pengajaran yang menyediakan kesempatan belajar sendiri atau melakukan aktivitas sendiri. Metode resitasi sebagai salah satu satu pembelajaran memperhatikan kesiapan siswa yaitu melalui pemberian tugas. Selain itu siswa juga dapat lebih aktif dalam pembelajaran melalui diskusi atau tanya jawab sebagai wujud pertanggungjawaban tugas yang telah dikerjakan sebelumnya. Dengan metode resitasi diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan data nilai yang diperoleh pada saat observasi menunjukkan bahwa hasil belajar siswa belum memenuhi ketuntasan belajar di madrsah yaitu siswa yang memperoleh nilai 70 atau lebih masih kurang dari 85%. Ini berarti keberhasilan proses pembelajaran belum sesuai dengan ketuntasan belajar yang diharapkan. Dari pernyataan tersebut dapat dilakukan upaya dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu melalui kegiatan pembelajaran menggunakan metode resitasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan ditempuh dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berlokasi di MI Salafiyah Slarang Kidul Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI yang berjumlah 24 anak terdiri 8 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Arab pokok materi Muhadatsah pada siswa kelas VI MI Salafiyah Slarang Kidul Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Data penelitian diambil dari hasil tes akhir siklus, hasil observasi dan dokumentasi dengan indikator keberhasilan apabila 85% dari jumlah siswa memperoleh nilai sama dengan atau lebih dari kriteria ketuntasan minimum yang telah ditetapkan yaitu 70. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil pada siklus I 75% siswa memperoleh 70 atau lebih dengan rata-rata nilai 72,9 dan pada siklus II 87,5% siswa memperoleh nilai 70 atau lebih dengan rata-rata nilai 81,3. Selain itu juga berdasarkan pengamatan yang dilakukan observer, menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar pada siswa. Dengan demikian diperoleh simpulan bahwa melalui metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab materi pokok Muhadatsah di kelas VI MI Salafiyah Slarang Kidul Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Oleh karena itu disarankan untuk pembelajaran selanjutnya agar digunakan metode resitasi agar hasil belajar siswa meningkat. Kata Kunci : Hasil Belajar, Bahasa Arab, Metode Resitasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 01 Aug 2016 03:16
Last Modified: 01 Aug 2016 03:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/598

Actions (login required)

View Item View Item