PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN GERAK BENDA DAN KEGUNAANNYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III MI WATHONIYAH PURWOSARI KECAMATAN ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

MUFLIHUN AL AMIN, NIM. 092335123 (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN GERAK BENDA DAN KEGUNAANNYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III MI WATHONIYAH PURWOSARI KECAMATAN ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
MUFLIHUN AL AMIN_PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN GERAK BENDA DAN KEGUNAANNYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III MI WATHONIYAH PURWOSARI KECAMATAN ROWOKELE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Gerak Benda dan Kegunaannya dengan Menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas III MI Wathoniyah Purwosari Rowokele Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013”. Masalah yang menjadi fokus kajian adalah Apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak penggunaan metode demonstrasi dalam peningkatan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan melalui proses pengkajian berdaur (PTK) yang meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Kesimpulan yang diperoleh dari pengkajian ini adalah: (1) siswa lebih mudah memahami materi (2) hasil belajar siswa meningkat. (3) dengan jumlah anggota kelompok 5 siswa memungkinkan siswa bekerja secara aktif dan efektif. (4) faktor lain yang memberikan kontribusi pada peningkatan hasil belajar dan kesungguhan belajar adalah adanya kesempatan yang merata dalam melakukan peragaan atau percobaan di dalam kelompok. Penelitian ini dilakukan di Kelas III MI Wathoniyah Purwosari Rowokele Kebumen yang berjumlah 15 siswa. Pelaksanaan penelitian dimulai bulan Maret sampai dengan April 2013. Data yang terkumpul bersifat kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran mata pelajaran IPA pokok bahasan gerak benda dan kegunaannya dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada kegiatan pembelajaran pra siklus nilai rata-rata 62, 666 dengan tertinggi 80, nilai terendah 45, prosentase ketuntasan mencapai 20 %, sedang ketidaktuntasan mencapai 80 %. Pada siklus I nilai rata-rata 73, 333 dengan nilai tertinggi 90, terendah 55, prosentase ketuntasan mencapai 47 %, sedang ketidaktuntasan mencapai 53 %. Pada siklus II nilai rata-rata 81, 666 dengan nilai tertinggi 100, terendah 65, prosentase ketuntasan mencapai 80 %, sedang ketidaktuntasan mencapai 20 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 01 Aug 2016 02:16
Last Modified: 01 Aug 2016 02:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item View Item