PENGARUH METODE MEMBACA NYARING TERHADAPPEMAHAMAN BACAAN SISWA DALAMPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II di MI MUHAMMADIYAH 01KARANGTENGAH KECAMATAN KEMANGKON KABUPATENPURBALINGGA

Tri Mayatun, 1423305264 (2019) PENGARUH METODE MEMBACA NYARING TERHADAPPEMAHAMAN BACAAN SISWA DALAMPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II di MI MUHAMMADIYAH 01KARANGTENGAH KECAMATAN KEMANGKON KABUPATENPURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text
TRI MAYATUN_PENGARUH METODE MEMBACA NYARING TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Bahasa Indonesia yang masih berpusat pada guru, sehingga hasil belajar dalam hal pemahaman bacaan masih kurang maksimal. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh metode membaca nyaring terhadap pemahaman bacaan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II MI Muhammadiyah 01 Karangtengah Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode eksperimen yang diterapkan dalam Control Grup Pre-Test dan Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II A dan II B MI Muhammadiyah 01 Karangtengah dengan jumlah 38 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah semua anggota populasi dipilih menjadi sampel. Untuk mengetahui peningkatan hasil nilai siswa dilakukan analisis N-Gain. Hal ini dapat dilihat dari perolehan N-Gain kelas eksperimen sebesar 0.7224 yang merupakan klasifikasi tinggi dan kelas kontrol 0.4074 yang berada pada klasifikasi sedang. Hal tersebut dapat diartikan bahwa pemberian perlakuan yang berbeda pada kedua kelas tersebut menyebabkan adanya perbedaan pemahaman bacaan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Metode Membaca Nyaring, Pemahaman Bacaan.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Aug 2019 02:08
Last Modified: 21 Aug 2019 02:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5928

Actions (login required)

View Item View Item