PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VA DI SD NEGERI 02 TINGGARJAYA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS

MELANI S. KUSUMAWARDANI, 1522405024 (2019) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VA DI SD NEGERI 02 TINGGARJAYA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
MELANI S PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi nyata peserta didik dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Belajar dalam konteks CTL bukan hanya sekedar mendengarkan dan mencatat, tetapi siswa bekerja dan menemukan sendiri apa yang dipelajarinya. Pembelajaran CTL mendorong peserta didik memahami hakikat belajar lebih bermakna dan lebih relevan karena peserta didik mengalami secara langsung dalam dunia nyata. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Matematika kelas VA di SD Negeri 02 Tinggarjaya. Subjek dalam penelitian ini adalah wali kelas dan siswa kelas VA. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data (datareduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Matematika kelas VA telah dilaksanakan dengan baik susuai dengan 7 komponen yang ada dalam CTL yaitu konstruktivisme, menemukan (inquiry), masyarakat belajar (learning community), modeling (modelling), bertanya (questioning), refleksi (reflection), penilaian autentik (authentic assessment). Dengan menerapkan CTL dalam pembelajaran Matematika membuat peserta didik lebih mudah memahami pelajaran yang diterima dengan mengalami sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), pembelajaran Matematika kelas V
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 19 Aug 2019 07:57
Last Modified: 19 Aug 2019 07:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5916

Actions (login required)

View Item View Item