STRATEGI BISNIS MULTILEVEL MARKETING (MLM) SYARI’AH MELALUI SYI’AR HALAL NETWORK (Studi Kasus Pada Halal Network International PT Herba Penawar Alwahida Indonesia Business Center Purwokerto)

Risma Umami, 1522201026 (2019) STRATEGI BISNIS MULTILEVEL MARKETING (MLM) SYARI’AH MELALUI SYI’AR HALAL NETWORK (Studi Kasus Pada Halal Network International PT Herba Penawar Alwahida Indonesia Business Center Purwokerto). Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
OVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
STRATEGI BISNIS MULTILEVEL MARKETING (MLM) SYARI’AH MELALUI SYI’AR HALAL NETWORK (STUDI KASUS PAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu kegiatan ekonomi yang berkembang pesat saat ini adalah Multilevel Marketing (MLM). MLM merupakan sebuah metode bisnis alternatif yang berhubungan dengan pemasaran dan distribusi yang dilakukan oleh banyak level. Bisnis MLM ini seringkali disalahartikan sebagai cara cepat dan mudah mendapatkan kekayaan. Pandangan ini muncul karena banyaknya bisnis money game yang mengatasnamakan MLM sehingga masyarakat hanya mengenal MLM adalah sebagai bisnis uang. MLM syari’ah mucul sebagai solusi bisnis orang-orang muslim agar menjalankan bisnis pada jaringan yang halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis MLM syari’ah melalui syi’ar halal network pada PT Herba Penawar Alwahida Indonesia Business Center Purwokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif dan metode analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi bisnis MLM syari’ah yang digunakan oleh PT Herba Penawar Alwahida Business Center Purwokerto adalah sesuai dengan syari’at islam yaitu dengan PCA dan HS dan sudah mendapat sertifikat halal dari MUI. Strategi bisnis pada perusahaan ini tidak terdapat unsur gharar, riba dan merugikan. Komitmen PT Herba Penawar Alwahida Indonesia adalah “halal is my way” dimana produk dan jaringan halal merupakan prinsip dari perusahaan ini. Produk yang dijual adalah produk halal berazazkan thibunnabawi serta sudah mendapatkan ijin edar dari BPOM dan sertifikat halal dari MUI. Adapun sistem bonus dan royalty pada PT HPAI adalah menggunakan akad ju’alah, dimana bonus dan royalty diberikan berdasarkan prestasi kerja para agen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bisnis MLM Syari’ah, HNI-HPAI BC Purwokerto, Halal Network
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 19 Aug 2019 07:53
Last Modified: 19 Aug 2019 07:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5915

Actions (login required)

View Item View Item