PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI SENI TARI JARANAN DI BA AISYIYAH TALAGENING

FARIDA ARIANI, 1423311046 (2019) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI SENI TARI JARANAN DI BA AISYIYAH TALAGENING. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
FARIDA ARIANI_PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI SENI TARI JARANAN DI BU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB)

Abstract

Karakteristik anak usia dini adalah pelepasan energi dalam jumlah besar, maka anak memerlukan penyaluran aktifitas fisik dengan tepat. Untuk mengembangkan pola-pola gerak anak sebaiknya dilakukan melalui aktivitas-aktivitas seperti menari, permainan, olahraga dan senam. Aktivitas-aktivitas tersebut merupakan ke dalam pengembangan gerak motorik kasar. Tari Jaranan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memberdayakan kemampuan motorik kasar anak. Hasil observasi di Bustanul Athfal (BA) Aisyiyah Talagening menunjukan bahwa perkembangan peserta didik pada kegiatan berlari, mengayun dan berjingkat masih banyak yang kurang bisa melakukan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan kemampuan motorik kasar melalui seni tari Jaranan di BA Aisyiyah Talagening. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara objektif keadaan di tempat penelitian dengan menggunakan rangkaian kata-kata atau kalimat, dengan subjek penelitian adalah siswa BA’Aisyiyah Talageningyang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi dengan mengikuti kegiatan pada saat menari jaranan, metode wawancara untuk mengetahui hal-hal yang lebih mendalam tentang partisipan dalam menginterpretasikan situasi dan fenomena yang terjadi, dimana hal ini tidak dapat ditemukan melalui observasi sedangkan metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian. Analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menyimpulkan dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia dini melalui seni tari jaranan di BA ‘Aisyiyah Talagening, diperlukan langkah seperti menyiapkan Rencana Kegiatan Harian (RKH) dan media pembelajaran atau bahan ajar yang akan disampaikan atau dilatih, mengatur pembagian barisan anak sesuai dengan jumlah anak, memberikan materi atau contoh gerak dan mendemonstrasikan gerakan, melaksanakan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan. Strategi yang digunakan dalam pengembangan kemampuan motorik kasar anak melalui seni tari jaranan adalah praktek berkelompok dengan cara estafet atau tari berlanjut. Hambatan yang ditemukan seperti kondisi tempat yang kurang mendukung, tingkat emosional pada anak yang mudah berubah-ubah, saat guru menciptakan tari atau mengimprovisasi tari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Perkembangan Motorik Kasar, Seni Tari Jaranan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:10
Last Modified: 14 Aug 2019 04:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5905

Actions (login required)

View Item View Item