STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH KUR(KREDIT USAHA RAKYAT)MIKRO DI BANK BRI SYARIAH KCP KEBUMEN

Yuni Nur Ainingsih, 1617203090 (2019) STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH KUR(KREDIT USAHA RAKYAT)MIKRO DI BANK BRI SYARIAH KCP KEBUMEN. Diploma thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
YUNI NUR AININGSIH_STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH KUR (Kred.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Bank Syari’ah adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan pembiayaan dan jasa-jasa lainnya dalam lalu lintas pembayaran serta peredaran uang yang pengoperasiannya disesuaikan dengan prinsip syariat Islam.Semakin berkembanganya perbankan syari’ah, masing-masing bank berusaha untuk menarik nasabah sebanyak-banyaknya. Upaya untuk meningkatkan keunggulan bersaing dapat dilakukan dengan strategi yang dapat menciptakan kepuasan dan loyalitas nasabah. Salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk menciptakan kepuasan dan loyalitas nasabah adalah Relationship Marketing. Relationship Marketing sebagai strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan nasabah dalam mengahadapi persaingan dengan perbankan lainnya khususnya pada produk pembiayaan KUR mikro. Maksud dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi relationship marketing untukmeningkatkan loyalitas nasabah pembiayaan KUR (kredit usaha rakyat) mikro di bank bri syariah kcp Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau penelitian kualitatif, metode dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Strategi relationship marketing yang digunakan memiliki keterkaitan dengan strategi yang dapat digunakan secara simultan menurut Berry (1983) yaitu; Core Service Strategy, Relationship Customization; komunikasi dan mengikuti trend, Service Augmentation; pelayanan prima, mengadakan program jemput bola, ucapan selamat dan kunjungan nasabah sakit, Relationship Pricing, Internal Marketing. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa strategi relationship marketing dapat meningkatkan loyalitas nasabah pada produk pembiayaan KUR mikro di Bank BRI Syaariah KCP Kebumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Relationship Marketing, Loyalitas Nasabah, KUR (Kredit Usaha Rakyat) mikro
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:47
Last Modified: 14 Aug 2019 03:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5902

Actions (login required)

View Item View Item