PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI HOLISTIK INTEGRATIF ISLAM TELADAN AT-TAQIA MULYA BOJONG PURBALINGGA

Nina Kurnia Puji Rahayu, 1223301119 (2019) PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI HOLISTIK INTEGRATIF ISLAM TELADAN AT-TAQIA MULYA BOJONG PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
NINA KURNIA PUJI RAHAYU_PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI HOLISTIK IN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penanaman nilai-nilai keagamaan merupakan usaha yang dilakukan guru untuk mengembangkan potensi yang telah ada di dalam diri anak dan dasar ajaran bersumber kepada firman Allah SWT yang meliputi aqidah, akhlak dan ibadah. Proses penanaman nilai-nilai keagamaan juga tidak lepas dari metode yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penanaman nilai-nilai keagamaan di Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif Islam Teladan At-TaqiaMulyaBojongPurbalingga. Penelitian ini meruapakanpenenelitian kualitatif.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisa yang digunakan bersifaat deskriptif kualitatif. Kemudian dalam analisa data, yaitu mulai dari resuksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu suatu penelitian yang di maksudkanya untuk mengumpulkan informasi mengenai variabel. Keadaan atau gejala menurut apa yang ada pada saat penelitian dilakukan. Dalam penelitian ini peneliti menggambarkan mengenai Penenanaman Nilai - nilai Keagamaan di Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif Islam Teladan At-TaqiaMulyaBojongPurbalingga. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif Islam Teladan At-TaqiaMulyaBojongPurbalingga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penlitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai keagamaan di pendidikan anak usia dini berorientsi pada system penanaman akhlak, akidah dan ibadah. Keberhasilan penanaman nilai-nilai keagamaaandilakasanakan oleh dan merupakan tanggungjawab dari seluruh warga sekolah yaitu Kepala sekolah, Guru dan Peserta didik. Penanaman nilai-nilai keagamaan diterapkan secara integrasi dalam pembelajaran di sekolah dan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai-nilai Keagamaan di Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:26
Last Modified: 14 Aug 2019 03:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5901

Actions (login required)

View Item View Item