STRATEGI PEMASARAN INSTITUT AGAMA ISLAM IMAM AL-GHAZALI (IAIIG) CILACAP DALAM REKRUTMEN MAHASISWA

Kuswantoro, 1617652005 (2019) STRATEGI PEMASARAN INSTITUT AGAMA ISLAM IMAM AL-GHAZALI (IAIIG) CILACAP DALAM REKRUTMEN MAHASISWA. Masters thesis, IAIN.

[img] Text
KUSWANTORO_STRATEGI PEMASARAN IAIIG CILACAP DALAM REKRUTMEN MAHASISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (637kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan Perguruan Tinggi Swasta (PTS)dewasa ini semakin meningkat. Bagi PerguruanTinggiSwasta (PTS)kompetisi harus dapat dimenangkan jika ingin lembaganya dapat terus bertahan dalam arus globalisasi. Diwilayah Banyumas-Cilacap sendiri tercatat lebih dari sepuluh perguruan tinggi. Dengan strategi pemasaran (marketing strategy)masyarakat mengetahui, memahami dan tujuan akhir dari kegiatan inicalon mahasiswa tertarik untuk melanjutkan studi di Institut Agama Islam Imam Al-Ghazali (IAIIG) Cilacap. Kegiatan marketing merupakan kunci keberhasilan bagi IAIIG Cilacapdalam meningkatkan jumlah mahasiswa baru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran IAIIGCilacap dalam melaksanakan kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru sehingga IAIIG Cilacap sampai saat ini bisa bertahan dan terus berkembang ditengah kompetisi antar perguruan tinggi yang semakin ketat. Penelitianini merupakan penelitian kualitatif denganmenggunakanpendekatanstudi kasus.Adapunsubyekpenelitianiniadalahrektor, wakilrektor, Tim PMB, mahasiswa dan masyarakat di lingkunganIAIIGCilacap.Teknikpengumpulan data dalampenelitianinidengan observasi, wawancara, dandokumentasi. Pemerikasaan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan strategi pemasaran perguruan tinggi dalam rekrutmen mahasiswa di Institut Agama Islam Imam Al-Ghazali (IAIIG) Cilacap adalah menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri atas 1) product yaitu sejumlah program pendidikan yang ditawarkankepada calon mahasiswa, 2) priceyaitu biaya pendidikan yang dibebankan kepada mahasiswa Institut, 3) place yaitu letak geografis Institut Agama Islam Imam Al-Ghazali (IAIIG) Cilacap, 4) promotionyaitu sejumlah program promosi untuk menarik minat mahasiswa.Dalam kegiatan promosinya Institut Agama Islam Imam Al-Ghazali (IAIIG) Cilacap menerapakan berbagai kegiatan yaitu: 1) personal selling yaitu adanya Tim PMB yang melaksanakan kunjungan langsung dengan calon mahasiswa, 2) sales promotion yaitu progrom promosi yang diberikan dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa baru, 3) advertisingyaitu berbagai bentuk periklanan untuk memberikan informasi kepada calon mahasiswa, dan 4) public relation yaitu berbagai upaya untuk menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi, RekrutmenMahasiswaBaru, IAIIG Cilacap.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Aug 2019 02:51
Last Modified: 14 Aug 2019 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5898

Actions (login required)

View Item View Item