STRATEGI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI KELAS RENDAH MI COKROAMINOTO 04 BONDOLHARJO KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012-2013

SANGIDAH, NIM. 102334123 (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI KELAS RENDAH MI COKROAMINOTO 04 BONDOLHARJO KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SANGIDAH_STRATEGI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI KELAS RENDAH MI COKROAMINOTO 04 BONDOLHARJO KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012-2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (565kB) | Preview

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangidaripotensidarisebuahlembagapendidikan yang di dalamnyajugamengajarkanbacatulis Al-Qur’an di kelasrendah, lembagatersebutadalahMI Cokroaminoto 04 BondolharjoKecamatanPunggelanKabupatenBanjarnegara.Penulistertarikuntukmengkajimengenaistrategipembelajaranbacatulis Al-Qur’an (BTA) di MI Cokroaminoto 04 BondolharjoKecamatanPunggelanKabupatenBanjarnegara.Dari informasi yang diperolehmenunjukkanbahwapembelajaranbacatulis Al-Qur’an di kelasrendah MI Cokroaminoto 04 BondolharjoKecamatanPunggelanKabupatenBanjarnegaramenunjukkanhasil yang baik.Di manasiswakelas III telahdapatmembaca Al-Qur’an denganbaikdanbenar.Hal inilah yang menjadikanalasanmengapapenelitiinginmelakukanpenelitianmengenaistrategipembelajaranbacatulis Al-Qur’an di MI Cokroaminoto 04 BondolharjoKecamatanPunggelanKabupatenBanjarnegara.Melihatkondisi di atas, penulistertarikuntukmenelitimengenaibagaimanastrategipembelajaran yang dilaksanakan di MI Cokroaminoto 04 BondolharjoKecamatanPunggelanKabupatenBanjarnegarakhususnyapadapembelajaranbacatulis Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitiaan ini bertujuan untukmendapatkangambaranmengenaistrategipembelajaranbacadantulis Al-Qur’an di kelasrendahMI Cokroaminoto 04 BondolharjoKecamatanPunggelanKabupatenBanjarnegara.Pengumpulandatanyadenganmenggunakanteknikobservasi, wawancara, dandokumentasi. Dari pembahasansebagaimana di atas, makahasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwa strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an yang dilaksanakan di kelas rendahMI Cokroaminoto 04 BondolharjoKecamatanPunggelanKabupatenBanjarnegara adalah dengan menggunakan strategi pelafalan, membaca danmenulis. Sedangkan strategi menulisya dengan memberikan petunjuk bahwa dalam menulis huruf hijaiyah dimulai dari tepi kanan, untuk menulis huruf alif dimulai dari atas ke bawah, begitu seterusnya sampai lengkap semua huruf hijaiyah diajarkan cara penulisannya.Strategi pembelajaran langsungini digunakan oleh guru dengan meliputi berbagai cara untuk membuat peserta didik (siswa) menjadi lebih aktif sejak awal melalui aktifitas-aktifitas yang membangun kerja kelompok dan dalam waktu singkat membuat mereka berfikir tentang materi pelajaran. Strategi pembelajaran ini merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif, kreatif dan tidak bosan sehingga kegiatan belajar mengajar dapat lebih efektif. Kata Kunci :StrategiPembelajaran, Baca Tulis Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 29 Jul 2016 02:47
Last Modified: 29 Jul 2016 02:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/588

Actions (login required)

View Item View Item