PERAN SEKOLAH TADIKA (TAMAN DIDIKAN KANAK-KANAK) NURUL ISLAM POHON CAMPADA DALAM MEMPERTAHANKAN IDENTITAS MELAYU DAN ISLAM PADA ANAK-ANAK PATANI (SELATAN THAILAND) Asam Yayo NIM. 1423301262

Asam Yayo, 1423301262 (2019) PERAN SEKOLAH TADIKA (TAMAN DIDIKAN KANAK-KANAK) NURUL ISLAM POHON CAMPADA DALAM MEMPERTAHANKAN IDENTITAS MELAYU DAN ISLAM PADA ANAK-ANAK PATANI (SELATAN THAILAND) Asam Yayo NIM. 1423301262. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
COVER_ABSTRAK_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang peneliti lakukan yaitu di Sekolah TADIKA Nurul Islam Ponon Campada yang terletak di desa Pohon Campada, Provinsi Songkhla Thailand bagain selatan. Sekolah ini merupakan sekolah yang bersifat non-formal yang berbasis keagamaan, mendidikan siswa untuk membiasakan diri berkepribadian Muslim dan berbudi pekerti luhur sesuai dengan adat istiadat Melayu Patani yang telah diselaraskan dengan syar’i. Berdasarkan tujuan pembentukan Sekolah TADIKA ini adalah untuk memberi pendidikan keagamaan dan kebangsaan kepada anak-anak masyarakat Patani. Hal ini tidak lepas dari semangat dan keinginan masyarakat Patani untuk mempertahankan identitasnya, maka berdaya upayalah untuk membangun sekolah ini dan memberi dukungan penuh terhadap perkembangan pendidikan. Untuk permasalahan yang penulis angkat dalam penelitian ini adalah; bagaimana peran Sekolah TADIKA (Taman Didikan Kanak-kanak) Nurul Islam Pohon Campada dalam mempertahankan identitas Melayu dan Islam pada anak anak Patani (Selatan Thailand)? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapat data tentang peranan Sekolah TADIKA dalam mempertahankan identitas Melayu dan Islam pada anak-anak Patani. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis penelitian lapangan (field recearch)dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan disajikan dalam bentuk deskriptif analisis non statistik. Variabel dalam penelitian ini adalah seluruh guru, karyawan dan siswa Sekolah TADIKA Nurul Islam Pohon Campada. Adapun proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu peranan Sekolah TADIKA dalam mempertahankan identitas Melayu dan Islam. Dari analisis yang penulis lakukan setelah melaksanakan penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Sekolah berperan dalam beberapa hal antara lain; pembentukan kepribadian Melayu Patani, pembentukan kepribadian Muslim dan pembentukan kecerdasan siswa. Hal ini dilakukan dengan berbagai cara seperti mendidik, mengarah, membiasakan, bertutur kata yang baik dan sopan dan lain-lain. Kata kunci :Peran Sekolah Tadika Dalam Mempertahankan Identitas Melayu Dan Islam Pada Anak-Anak Patani

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Sekolah Tadika Dalam Mempertahankan Identitas Melayu Dan Islam Pada Anak-Anak Patani
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Aug 2019 01:33
Last Modified: 06 Aug 2019 01:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5862

Actions (login required)

View Item View Item