PENGGUNAAN MULTIPLE INTELLIGENCES PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT PERSPEKTIF MUNIF CHATIB

QORI RAHMAWATI NUR HAMIDAH, NIM. 123111586 (2015) PENGGUNAAN MULTIPLE INTELLIGENCES PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT PERSPEKTIF MUNIF CHATIB. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
QORI RAHMAWATI NUR HAMIDAH_PENGGUNAAN MULTIPLE INTELLIGENCES PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT PERSPEKTIF MUNIF CHATIB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas pengunaan strategi multiple intelligences pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk dapat meningkatkan prestasi siswa. Kajiannya dilatarbelakangi oleh perbedaan karakteristik, kecenderungan jenis kecerdasan dan potensi yang dimiliki siswa sehingga mempengaruhi gaya belajar siswa dalam menerima materi pelajaran. Namun hal ini belum dimanfaatkan oleh guru PAI dalam proses pembelajaran di kelas. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana gambaran penggunaan multiple intelligences itu dalam mata pelajaran pendidikan Pendidikan Agama Islam (PAI)? (2) Apakah dengan menggunakan multiple intelligences dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut dapat meningkatkan prestasi siswa? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi kepustakaan. Datanya diperoleh dengan cara mengkaji pemikiran multiple intelligences yang dicetuskan oleh penemunya yaitu Howard Gardner melalui literatur buku-buku yang mengkaji multiple intelligences, serta jurnal, dan makalah dengan tema yang berkaitan dengan masalah tersebut. Semua data dianalisis dengan metode deskriptif, yaitu berusah mengambarkan kegiatan penelitian yang dilakukan pada obyek tertentu secara jelas dan sistematis. Di dalam penelitian ini dilakukan eksplorasi, menggambarkan, dengan tujuan untuk dapat menerangkan dan memprediksi terhadap suatu gejala yang berlaku atas data yang diperoleh. Kajian ini menujukkan bahwa : (1) Setiap siswa pasti memiliki paling tidak satu potensi kecerdasan, sehingga tidak ada satupun siswa yang bodoh. (2) Potensi kecerdasan yang dimiliki siswa menyebabkan perbedaan gaya belajar siswa dalam menerima informasi atau pelajaran, dan potensi yang dimiliki siswa seharusnya diperhatikan dihargai dan dikembangkan. (3) Kesesuaian gaya mengajar guru dengan gaya mengajar siswa menjadikan informasi atau materi yang dipresentasikan guru dengan cepat dan mudah diterima oleh siswa, hingga menurunkan resiko kegagalan. (4) Dengan memanfaatkan multiple intelligences, pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas menjadi lebih bervariasi, kreatif dan menyenangkan, hingga kelas tidak lagi monoton dan menjenuhkan. Kata kunci : PAI Multiple Intelligences

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:01
Last Modified: 28 Jul 2016 07:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/585

Actions (login required)

View Item View Item