PENDIDIKAN NASIONALISME DALAM KEGIATAN KEPRAMUKAAN BAGI SISWA KELAS TINGGI MIN 3 PURBALINGGA

DHAOUL NGAZIZAH, 1522405010 (2019) PENDIDIKAN NASIONALISME DALAM KEGIATAN KEPRAMUKAAN BAGI SISWA KELAS TINGGI MIN 3 PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text
DHAOUL NGAZIZAH_Pendidikan Nasionalisme Dalam Kegiatan Kepramukaan Bagi Siswa Kelas Tinggi MIN 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikannasionalismeadalahsuatuupayasecarasadardansengajauntukmengubahtingkahlaku agar memiliki rasa kebangsaanterhadaptanah air, menjadimanusia yang bermartabat, danmengembangkanpotensidirinya agarmenjadiwarganegara yang berkaraktersesuaidengannilai-nilailuhurbangsadan agama. Olehkarenaitusetiaplembagapendidikanbaik formal maupun non formal ikutbertanggungjawabterhadappendidikannasionalisme.Salah satuupayauntukmenumbuhkanjiwanasionalismeyaitudenganmengadakankegiatan yang bersifatmendidik, menarik, menyenangkandisertaidengannilai-nilainasionalisme.Salah satunyayaitukegiatankepramukaan yang di dalamnyaterdapatpendidikannasionalismebagipesertadidik. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenganalisadanmendeskripsikanpendidikannasionalismesiswakelastinggimelaluikegiatankepramukaan MIN 3 Purbalingga.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatif, denganmengambillokasipenelitian di MIN 3 Purbalingga.Teknikpengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara, dandokumentasi.Analisa data yang digunakanadalahreduksi data, penyajian data danverifikasi data.Pemeriksaankeabsahan data menggunakantekniktrangulasi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa proses pendidikannasionalismedalamkegiatankepramukaanbagisiswakelastinggi MIN 3 Purbalinggadiawalidengankegiatanupacara yang didalamnyaadapengibaranbenderamerahputih, pembacaanpancasila, pembacaankodekehormatan. Disampingituterdapatunsur-unsurmencintaibudaya, mencintailingkungan, penggunaanBahasa Indonesia denganbaikdanbenar, keteladanandandorongandaripembina, materitentangsimbol-simbolnasionalismesertakhidmatdantertibpadasaatupacara. Adapunhasildaripendidikannasionalismedalamkepramukaanmenanamkannilaicintatanah air, gotong-royong, kerjasama, menghargaiteman, tanggungjawab, disipilin, tertib, salingmembe

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : PendidikanNasionalisme, Kepramukaan.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 01 Aug 2019 02:04
Last Modified: 01 Aug 2019 02:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5826

Actions (login required)

View Item View Item