PEMBUDAYAAN KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA SISWA DI SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO

Afni Elvina Restia Sari, 1522405002 (2019) PEMBUDAYAAN KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA SISWA DI SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
Afni Elvina Restia Sari_Pembudayaan Karakter Gemar Membaca Pada Siswa di SD Al Irsyad Al Islamiyy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Membaca menempati kedudukan yang utama dan sangat penting khususnya dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. Sekolah sebagai salah satu lingkungan belajar siswa sangat berpengaruh dalam menentukan karakter gemar membaca bagi siswa. Dengan membaca maka, ilmu yang didapat akan semakin berkembang. Namun sebaliknya apabila budaya membaca tidak dibudayakan sejak awal maka, ilmu yang didapat bersifat tetap sehingga tidak dapat merasakan perubahan yang dapat berguna dimasa sekarang dan yang akan datang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembudayaan karakter gemar membaca pada siswa di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti fenomena yang terjadi di lapangan dan bertujuan untuk menemukan informasi sebanyak-banyaknya dari suatu fenomena tersebut. Penelitian ini disajikan dalam bentuk kalimat dan bukan dalam bentuk bilangan atau angka statistk dengan tujuan untuk mendeskripsikan penemuan-penemuan yang terjadi di lapangan. Sedangkan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data ( data display), dan verifikasi (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembudayaan Karakter Gemar Membaca Pada Siswa di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto dilaksanakan melalui gerakan literasi di sekolah yang terlaksana di berbagai kegiatan baik dalam proses pembelajaran (di dalam dan di luar kelas ) maupun di luar pembelajaran (disediakannya pojok baca dan pojok literasi, kunjungan wajib perpustakaan, dan sebagainya) dan kegiatan ekstrakurikuler dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan minat baca siswa yang meliputi faktor internal siswa (faktor fisiologis: kondisi fisik, intelektual: kemampuan inteligensi, psikologi: motivasi, minat, kematangan sosio dan emosi, penyesuaian diri) serta faktor eksternal siswa (lingkungan sekitar: guru, teman sepermainan, orang tua, warga sekolah) yang disesuaikan dengan tahap internalisasi karakter siswa menurut Marlene Lockheed serta pelaksanaannya juga telah sesuai dengan pedoman yang dicanangkan oleh Depdikbud dan pemerintah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembudayaan Karakter Gemar Membaca
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 01 Aug 2019 01:48
Last Modified: 01 Aug 2019 01:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5823

Actions (login required)

View Item View Item