PENGARUH TATA KELOLA LABORATORIUM TERHADAP SKILL SISWA JURUSAN FARMASI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO (STUDI KASUS PADA JURUSAN FARMASI)

REZKYZ PURNASTUTI PUTRI, 1522401079 (2019) PENGARUH TATA KELOLA LABORATORIUM TERHADAP SKILL SISWA JURUSAN FARMASI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO (STUDI KASUS PADA JURUSAN FARMASI). Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
COVER_ABSTRAK_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Laboratorium sekolah sering kita kenal dengan tempat yang digunakan untuk pembelajaran praktikum seperti halnya di Sekolah Menengah Kejuruan pada masing-masing jurusan pasti terdapat adanya laboratorium, akan tetapi tata kelola laboratorium sebaiknya harus dikelola dengan sebaik-baiknya agar nantinya laboratorium bisa memberikan fasilitas yang baik terhadap peserta didik dalam proses pembelajaran praktikum, dengan tujuan dapat melatih dan mengembangkan secara langsung skill siswa pada setiap bidang jurusannya seperti halnya pada siswa jurusan farmasi. Desain penelitian ini menggunakan desain riset kuantitatif murni asosiatif yakni hanya melakukan penelitian pada satu sekolah saja di SMK Muhammadiyah 3 Purwokerto jurusan farmasi yaitu siswa kelas XII farmasi a untuk penelitian experiment dengan jumlah responden 15 siswa, sedangkan kelas XII farmasi b untuk penelitian sesungguhnya dengan jumlah responden 33 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data adalah dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana yang berfungsi untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tata kelola laboratorium terhadap skill siswa jurusan farmasi di SMK Muhammadiyah 3 Purwokerto. Berdasarkan data yang peneliti peroleh dari hasil penelitian baik melalui angket, dokumentasi, dan wawancara dapat disimpulkan bahwa tata kelola laboratorium tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap skill siswa jurusan farmasi di SMK Muhammadiyah 3 Purwokerto. Hasil analisis regresi sederhana dari persamaan y= ax+b atau y= b+ax dimana y= skill, x= tata kelola sedangkan a dan b= koefisien regresi. Di peroleh hasil y= 13,42+ 0,345 x, sedangkan hasil penghitungan koefisien determinasi memperoleh nilai r2 = 0,089 yang artinya tata kelola laboratorium hanya memberikan pengaruh sebesar 8,9% terhadap skill siswa jurusan farmasi artinya peran laboratorium sejauh ini tidak terlalu signifikan untuk mendukung peningkatan skill siswa jurusan farmasi. Peneliti berasumsi faktor intelegensi kemudian proses pembelajaran dan metode pembelajaran lebih berpengaruh terhadap peningkatan skill siswa jurusan farmasi daripada tata kelola laboratorium.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tata Kelola Laboratorium, Skill Siswa Jurusan Farmasi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 30 Jul 2019 04:31
Last Modified: 30 Jul 2019 04:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5785

Actions (login required)

View Item View Item