Pengembangan Media Pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini di TK Puspa Kuncup Kencana Purwokerto

Hasna Aulia, Shafira (2019) Pengembangan Media Pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini di TK Puspa Kuncup Kencana Purwokerto. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BabI_BabV_DaftarPustaka.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text
HasnaAuliaShafira_PengembanganMediaPadaAspekKognitifAnakUsia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB)

Abstract

Penelitian tentang pengembangan media Busy Book ini dilatar belakangi oleh belum adanya media pembelajaran pada sub tema anggota tubuh yang sesuai dengan perkembangan zaman di lembaga pendidikan anak usia dini. Selain itu, belum adanya media yang menarik untuk meningkatkan aspek kognitif anak usia dini. Melalui Busy Book ini peserta didik diharapkan dapat mengetahui macam-macam anggota tubuh, cara merawat anggota tubuh dan mengerti konsep angka, huruf, warna, dan bentuk. Pengembangan media Busy Book ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kebutuhan terhadap media Busy Book. 2) Menjelaskan desain pengembangan media Busy Book. 3) Menjelaskan hasil validasi media oleh ahli media dan ahli pembelajaran. 4) Mengetahui hasil efektifitas media Busy Book sub tema anggota tubuh untuk meningkatkan aspek kognitif anak usia dini di kelas A TK Puspa Kuncup Kencana. Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan dua jenis data yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada model Borg and Gall. Hasil pengembangan media Busy Book ini memenuhi kriteria sangat valid dengan hasil uji ahli media mencapai tingkat kevalidan 100% dan ahli pembelajaran mencapai tingkat kevalidan 96%. Uji coba lapangan terhadap media Busy Book di kelas A TK Puspa Kuncup Kencana menggunakan Pre-test dan Post-test. Menurut hasil analisis, rata-rata hasil belajar siswa Pre-test adalah MB (Mulai Berkembang) dan rata-rata hasil belajar siswa Post-test adalah BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Sehingga dapat disimpulkan, bahwa media Busy Book pada sub tema anggota tubuh efektif digunakan untuk meningkatkan aspek kognitif anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Busy Book, Aspek Kognitif, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:10
Last Modified: 13 Aug 2019 07:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5775

Actions (login required)

View Item View Item