PENGEMBANGAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN BERBAGI DI TK AISYIYAH IV PURWOKERTO

Agneta Sheyla Bayan, Duaty (2019) PENGEMBANGAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN BERBAGI DI TK AISYIYAH IV PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
Agneta Sheyla Bayan Duaty_Pengembangan Aspek Sosial Emosiona.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img]
Preview
Text
Cover_BabI_BabV_DaftarPustaka.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Pengembangan sosial emosional anak dapat di istilahkan kepekaan anak untuk memahami perasaan orang lain ketika berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Pada proses pembelajaran kesadaran berbagi pada awal tahun pembelajaran terdapat beberapa siswa yang belum mempunyai kesadaran untuk berbagi, karena anak-anak masih baru, sifat egois yang dimiliki masih sangat tinggi serta belum mengenal teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kegiatan pembiasaan berbagi di TK Aisyiyah IV serta untuk mengetahui usaha yang dilakukan oleh pendidik dalam mengelola kegiatan berbagi pada setiap pembelajaran berlangsung untuk memunculkan keinginan anak untuk berbagi dan pengembangan sosial emosional pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah murid TK Aisyiyah IV yang berusia 4-6 tahun. Dari hasil penelitian yang dilakukan terkait dengan pengembangan aspek sosial emosional anak di TK Aisyiyah IV Purwokerto, penulis dapat menyimpulkan bahwa pengembangan aspek sosial emosional pada anak usia dini melalui kegiatan pembiasaan berbagi di TK Aisyiyah IV yaitu meliputi penyusunan rencana pelaksanaan dan pembelajaran kegiatan harian yang sudah terjadwal. Kegiatan berbagi adalah memberi atau menerima sesuatu berupa barang, cerita kisah, uang, makanan, dan segala hal yang penting bagi hidup kita dan hidup orang-orang disekeliling kita, macam kegiatannya yaitu a) kegiatan berbagi makanan; b) kegiatan berbagi mainan; c) kegiatan berbagi cerita; d) kegiatan bakti sosial; e) kegiatan infaq. Pelaksanaan kegiatan tersebut juga membentuk pembiasaan rutin, pembiasaan spontan dan pembiasaan keteladanan di TK Aisyiyah IV Purwokerto.Selain itu, ada beberapa aspek pengembangan sosial dan emosional yang muncul setelah adanya kegiatan berbagi yang diadakan di TK Aisyiyah IV Purwokerto diantaranya rasa empati, kemurahan hati, kerjasama dan kepedulian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan sosial emosional, anak usia dini, kegiatan pembiasaan berbagi.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 School Discipline
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 14 Aug 2019 00:42
Last Modified: 14 Aug 2019 00:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5773

Actions (login required)

View Item View Item