METODE DZIKRONI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SD ISLAM PLUS TAHFIDZ NURUL HUDA PURBALINGGA

HANRO SOFIAN, 1223308070 (2019) METODE DZIKRONI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SD ISLAM PLUS TAHFIDZ NURUL HUDA PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text
HANRO SOFIAN_METODE DZIKRONI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURA’AN DI SD ISLAM PLUS TAHFIDZ NURUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB)

Abstract

Tahfidzul Qur’an atau menghafal Al-Qur’an Al-Karim adalah sebuah mukjizat besar. Allah SWT berfirman dalam surah Al-Hijr: 9, “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Qur’an, dan Sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” Menghafal Al-Qur’an juga dianjurkan menggunakan metode menghafal Al-Qur’an dengan tujuan untuk mempermudah dalam menghafal. Dari hal tersebut Ustadz Syahid Muryanto berusaha untuk mengembangkan sebuah metode menghafal Al-Qur’an yang mudah dan bisa diikuti oleh semua kalangan. Metode ini dinamakan metode Dzikroni. Metode dzikroni ini diadopsi dari Buku Muri Q karya M. Dzikron Al-Hafidz (Alm). Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan kejelasan tentang penerapan Metode Dzikroni dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SD Islam Plus Tahfidz Nurul Huda Pubalingga. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses dari penerapan Metode Dzikroni dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SD Islam Plus Tahfidz Nurul Huda Pubalingga. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian bahwa penerapan metode dzikoni dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an dilakukan pada setiap tingkat sesuai target masing-masing kelas. Kegiatan evaluasi dilaksanakan setiap pekan, bulanan, tri wulan dan tiap semester. Dari kegiatan tersebut siswa mendapatkan fasilitas yang mendukung sehingga dapat mencapai target hafalan yang diharapkan. Adapun metode dalam kegiatan menghafalkan Al-Qur’an yaitu dengan metode tahfidz, tallaqi/muroja’ah, dan takrir/mudarasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tahfidzul Qur’an, Metode Dzikroni
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 29 Jul 2019 08:43
Last Modified: 29 Jul 2019 08:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5770

Actions (login required)

View Item View Item