ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XII DI SMA NEGERI 2 KROYA KABUPATEN CILACAP

Jeng Arum Pangesti, 1522402105 (2019) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XII DI SMA NEGERI 2 KROYA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Jeng Arum Pangesti_Analisis Kualitas Butir Soal Penilaian Akhir Semester 1 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam sistem pembelajaran, evaluasi merupakan salah satu komponen penting dan tahap yang harus ditempuh oleh guru untuk mengetahui keefektifan pembelajaran, hasil yang diperoleh dapat dijadikan feedback bagi guru dalam menyempurnakan program dan kegiatan pembelajaran. Komponen evaluasi salah satunya adalah tentang kualitas instrument yaitu contohnya tes akhir semester. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas butir soal tes akhir semester 1 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII di SMA Negeri 2 Kroya kabupaten Cilacap dari sisi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan fungsi pengecoh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, penelitian ini dilakukan secara kauntitatif tetapi tidak untuk menerima atau menolak hipotesis, melainkan untuk menjelaskan keadaan yang apa adanya sesuai dengan objek yang diteliti, dan dengan penelitian deskriptif digunakan untuk mengumpulkan data dan mengetahui keadaan objek yang diteliti. Populasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yang mengikuti tes akhir semester 1 yaitu berjumlah 110 siswa, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi dan wawancara, sedangkan analisis data penelitiannya yaitu menggunakan program ANATES versi 4.0.9 yang terdiri dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan fungsi distractor. Hasil penelitian menunjukan bawah dari 20 butir soal tes akhir semester 1 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII di SMA Negeri 2 Kroya kabupaten Cilacap belum ideal berdasarkan analisis empirik yang meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan fungsi distractor yang menghasilkan bahwa 90% soal dikatakan valid sedangkan 10% butir soal dikatakan tidak valid, Relibilitas 0.52, tingkat kesukaran dapat diketahui bahwa soal dengan kategori mudah 55%, soal sedang 30% dan soal sukar adalah 15%. Butir soal yang memiliki daya beda dengan kategori sangat baik yaitu 35%, baik 40%, cukup 10% dan kurang baik 15%, untuk fungsi distraktor sekurang-kurangnya dipilih oleh 5% dari seluruh siswa yaitu 6 siswa. Sebagai rekomendasi, pengecoh yang sudah dapat menjalankan fungsinya dengan baik dapat dipergunakan kembali pada tes yang akan datang, sedangkan pengecoh yang belum berfungsi dengan baik sebaiknya diperbaiki agar dapat digunakan untuk soal tes yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: validitas, reliabilitas, tangka kesukaran, daya beda, dan fungsi distractor.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 29 Jul 2019 03:47
Last Modified: 29 Jul 2019 03:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5761

Actions (login required)

View Item View Item