Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII Di MTs Negeri 3 Banyumas

Lutfi Apriyana Putri Ajie, 1522407027 (2019) Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII Di MTs Negeri 3 Banyumas. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER, BABI, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
LUTFI APRIYANA PUTRI AJIE _PENGARUH STRATEGI METAKOGNITIF TE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penalaran matematika merupakan salah satu yang menjadi tujuan belajar matematika. Namun pada kenyataannya, kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Banyumas masih kurang. Hal ini terlihat bahwa siswa kesulitan dalam menghubungkan konsep baru dengan konsep yang sudah ada sebelumnya, serta siswa jarang mengulangi pelajaran yang telah dipelajari. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran yang bervariatif yaitu strategi metakognitif. Metakognitif mengacu pada pola berpikir lebih tinggi yang melibatkan pengawasan aktif terhadap proses kognitif dalam belajar. Melalui kegiatan metakognitif, siswa dapat memahami proses berpikir yang telah dilakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanapengaruh strategi metakognitif terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII di MTs N 3 Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode Quasi Experimen dengan design yang digunakan berbentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji N-Gain. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes yang berupa pretest dan posttest ini digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan strategi metakognitif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh strategi metakognitif terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Banyumas. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol dan eksperimen yakni kelas kontrol sebesar 0,54 dan kelas eksperimen sebesar 0,59 yang keduanya termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Metakognitif, Penalaran, Matematika.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 29 Jul 2019 03:11
Last Modified: 06 Nov 2019 01:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5755

Actions (login required)

View Item View Item