PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VI DI MI MAFATIHUL ISLAM PANDAK 2 KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS

Septi Nur Isnaeni, 1522405075 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VI DI MI MAFATIHUL ISLAM PANDAK 2 KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
SEPTI NUR ISNAENI_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Student Team-Achievement Division (STAD) merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada kemampuan dan aktivitas siswa baik secara individu maupun kelompok yang beranggotakan 4-5 orang siswa secara heterogen untuk saling memotivasi dan saling membantu agar tujuan pembelajaran tercapai dengan maksimal.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran IPS Kelas VI di MI Mafatihul Islam Pandak 2. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskripsi-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru kelas VI, siswa kelas VI, kepala dan madrasah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain dengan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran IPS kelas VI di MI Mafatihul Islam Pandak 2 telah dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Division (STAD) adalah tahap penyampaian materi, tahap tim/ pembagian kelompok, tahap kuis/ tes individual, tahap perhitungan skor kemajuan individual dan yang terakhir tahap rekognisi tim/ pemberian hadiah. Dari penelitian tersebut menunjukkan adanya perkembangan skor pada masing-masing individu. Dengan demikian dapat dikatakan MI Mafatihul Islam Pandak 2 berhasil dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Division (STAD).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Team-Achievement Division, IPS, MI Mafatihul Islam Pandak
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 29 Jul 2019 03:04
Last Modified: 29 Jul 2019 03:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5753

Actions (login required)

View Item View Item