PEMBELAJARAN LITERASI PADA ANAK DI RUMAH KREATIF WADAS KELIR KELURAHAN KARANGKLESEM PURWOKERTO SELATAN

KHOTHIBUL, IMAN (2019) PEMBELAJARAN LITERASI PADA ANAK DI RUMAH KREATIF WADAS KELIR KELURAHAN KARANGKLESEM PURWOKERTO SELATAN. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
KHOTHIBUL IMAN_PEMBELAJARAN LITERASI PADA ANAK DI RUMAH KREA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Literasi sangat menarik untuk dikaji karena literasi sendiri merupakan kebutuhan sehari-hari khususnya anak-anak. Penelitian dilatarbelakangi dengan hasil penelitian Di Indonesia kemampuan baca dan tulis sangatlah rendah dan memprihatinkan. Menurut data United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) atau organisasi Pendidikan Ilmiah dan Kebudayaan PBB, pada 2012, indeks minat membaca masyarakat Indonesia baru mencapai 0,001. Artinya dari setiap 1.000 orang Indonesia hanya 1 orang saja yang mempunyai minat baca . Sedangkan rata-rata indeks baca negara maju berkisar antara 0,45 sampai dengan 0,62. Hasil tersebut membuktikan bahwa Indonesia menjadi peringkat ketiga dari bawah untuk minat baca. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data terdiri atas informan, tempat (peristiwa), dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran literasi di Rumah Kreatif Wadas Kelir Pembelajaran literasi di Rumah Kreatif Wadas Kelir melaksanakan tiga pembelajaran literasi, yaitu, Pertama, pembelajaran literasi membaca. Dalam pembelajaran literasi membaca di Rumah Kreatif Wadas Kelir merupakan suatu kegiatan yang berdekatan dengan aktivitas membaca. Aktivitas tersebut dimulai dari reading a load, pembiasaan membaca dan sekolah literasi. Kedua, pembelajaran literas berpikir. Dalam pembelajaran literasi berpikir merupakan kegiatan terjadinya interaksi antara pengajar dengan anak tentang pembahasan keilmuan terkini. Hal ini dilakukan bertujuan agar anak dapat bisa mengembangkan kecerdasannya seperti kecerdasan bahasa. Di Rumah Kreatif Wadas Kelir terdapat beberapa aktivitas dalam kegiatan literasi berpikir seperti diskusi (kompetisi penulisan, pelatihan literasi, literasi malam) dan bermain logika. Ketiga, pembelajaran literasi menulis. Pembelajaran literasi menulis merupakan output dari kegiatan literasi membaca anak. RKWK sudah menerapkan kegiatan menulis sejak awal berdiri. Pembelajaran menulis yang dilaksanakan di Rumah Kreatif Wadas Kelir ialah puisi, pantun, cerita pengalaman dan dongeng. Hambatannya, pada pembelajaran literasi pada anak yaitu faktor relawan (guru), faktor anak, faktor media, dan faktor situasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Literasi, Anak, Rumah Kreatif Wadas Kelir.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 12 Aug 2019 03:42
Last Modified: 12 Aug 2019 03:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5730

Actions (login required)

View Item View Item