PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI MODEL PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

TITI WINDANINGRUM, NIM. 082332029 (2013) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI MODEL PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
TITI WINDANINGRUM_PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI MODEL PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2011-2012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan Siti Muflikhatun selaku guru mata pelajaran bahasa Arab kelas VII di MTs Negeri Model Purwokerto. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kebanyakan siswa belum bisa baca tulis Al-Qur’an dan kemampuan siswa dalam menghafal kurang. Berdasarkan latar belakang itulah penulis ingin meneliti: Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri Model Purwokerto. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi dengan cara mengkategorikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab berisi 3 (tiga) tahap dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan berisi RPP di mana terlebih dahulu guru membuat RPP sebelum mengajar di kelas. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab, penulis melakukan observasi kelas. Dalam pembelajaran bahasa Arab tak terlepas dari 4 (empat) ketrampilan berbahasa yaitu istima’, muhadatsah, qira’ah dan kitabah. Tahap terakhir yaitu evaluasi pembelajaran, guru melakukan evaluasi dengan cara tes tertulis dan tes lisan. Tes tertulis untuk istima’ dan kitabah sedangkan tes lisan untuk materi muhadatsah dan kitabah. Dari pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab telah sesuai dengan teori yang ada, di mana pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab sebagai bentuk interaksi antara guru dengan peserta didik yang merupakan hubungan aktif dan akrab yang diikat oleh adanya tujuan yakni peserta didik dapat memiliki pengetahuan dan pemahaman. Kata kunci: Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 28 Jul 2016 03:42
Last Modified: 28 Jul 2016 03:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item View Item