EFEKTIVITAS PROGRAM MURAJA’AH AL-QUR’AN JUZ 30 BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSUCI DAN PESANTREN MAHASISWA ANNAJAH PURWOKERTO

Atiq Inayatul, Fitriyani (2019) EFEKTIVITAS PROGRAM MURAJA’AH AL-QUR’AN JUZ 30 BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSUCI DAN PESANTREN MAHASISWA ANNAJAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
EFEKTIVITAS PROGRAM MURAJA’AH AL-QUR’AN JUZ 30 BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSUC.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Muraja’ah Al-Qur’an juz 30 adalah program mengulang hafalan sebagai tindak lanjut dari adanya kebijakan wajib hafal Al-Qur’an Juz 30 untuk santri di Pondok Pesantren Al Hidayah Karangsuci dan Pesantren Mahasiswa AnNajah Purwokerto. Di mana santri mengulang hafalan baik secara binnadzri ataupun bilghaibi dengan waktu dan tempat tertentu. Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci dan Pesantren Mahasiswa AnNajah Purwokerto merupakan tempat dimana penelitian yang mengkaji tentang Efektifitas Program Muraja’ah Al-Qur’an juz 30 ini dilakukan. Adapun tujuan penelitian tersebut yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil program di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci dan Pesantren Mahasiswa AnNajah Purwokerto dan membandingkannya. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan, yang menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 157 untuk Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci dan 72 untuk Pesantren Mahasiswa AnNajah yang menghasilkan data deskriptif dan nantinya akan dianalisis menggunakan rumus mean, median dan modus serta persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program muraja’ah yang dilakukan di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci dan Pesantren Mahasiswa AnNajah Purwokerto yaitu dengan menemukan permasalahan, mencari solusi, menentukan tujuan, menentukan tempat, waktu dan fasilitas yang akan digunakan. Pelaksanaan program muraja’ah di Pondok Pesantren Al-Hidayah dilakukan setelah shalat subuh berjama’ah dan mushafahah, setiap hari ahad kecuali satu hari untuk pelatihan qira’ dengan fasilitas berupa seperangkat sound system, meja ustadz, sajadah ustadz, meja santri dan satir. pelaksanaan program muraja’ah di Pesantren Mahasiswa AnNajah dilakukan oleh santri yang udzur saat santri lain sedang shalat maghrib berjama’ah di komplek masing-masing. Adapun efektifitas program muraja’ah bagi santri Pondok Pesantren Al-Hidayah adalah 77% dengan nilai mean, median, modus masing-masing 79,64; 79,00; 76 dan efektivitas program muraja’ah bagi santri Pesantren Mahasiswa AnNajah adalah 68% dengan nilai mean, median dan modus masing-masing 75,36; 75,5; 76

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Program, Pelaksanaan Program, Respon Santri terhadap Program, Evaluasi Program, Muraja’ah Al-Qur’an juz 30
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 12 Aug 2019 03:32
Last Modified: 12 Aug 2019 03:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5709

Actions (login required)

View Item View Item