PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM PEMBELAJARAN SANTRI MAHASISWA DI MADRASAH DINIYYAH PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO

Sofiatun, Sofiatun (2019) PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM PEMBELAJARAN SANTRI MAHASISWA DI MADRASAH DINIYYAH PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SOFIATUN_PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM PEMBELAJARAN SANTRI MAHASISWA DI MADRASAH DINIYYAH PESANTREN .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan orang dewasa atau andragogi merupakan pendidikan yang memiliki fokus pengembangan diri orang dewasa untuk bersiap atau bahkan berkecimpung dalam peran sosialnya. Pesantren Mahasiswa An Najah merupakan lembaga yang mewadahi individu dewasa untuk belajar. Para santrinya merupakan calon-calon khalifah yang menebarkan rahmat di sekelilingnya nanti ketika sudah tamat. Terutama pada kelas IV Madrasah Diniyyah Pesantren Mahasiswa An Najah, yang notabene berisi peserta didik yang sedang berada pada tingkatan akhir baik di kampus maupun di pesantren. Dari latar belakang di atas, maka penelitian ini adalah bertujuan untuk: pertama mengethaui apa saja pendekatan andragogi yang digunakan dalam proses pembelajaran bagi santri kelas IV Madrasah Diniyyah Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto, kedua untuk mengetahu pengimplementasian metode pembelajaran dengan basis pendekatan andragogi di kelas ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualtatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini yakni didapati bahwa di kelas IV Madrasah Diniyyah Pesantren Mahasiswa An Najah menggunakan tiga pendekatan andragogi, yakni pendekatan pemusatan masalah, pendekatan proyektif, pendekatan tentang konsep diri dan tentang kesiapan belajar. Kemudian proses pembelajaran diarakhan kepada pembelajaran aktif. Pembelajaran model ini berimplikasi terhadap metode yang digunakan. Adapun metode pembelajaran tersebut yakni ceramah, demonstrasi, praktek dan diskusi, dengan dua fokus metode yang paling sering digunakan, yakni metode ceramah dan metode diskusi yang paling sesuai dengan pembelajaran sosial-keagamaan. Kedua metode tersebut diimplementasikan dengan kesesuaian materi dan tujuan pembelajaran yang ada dalam kitab. Sebab sebagaimana pesantren pada umumnya, Pesantren Mahasiswa An Najah juga terpaku kepada kitab sebagai sumber belajar. Sehingga proses pembelajaran pun mengikuti apa yang tertera dalam kitab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Andragogi, Pesantren Mahasiswa, Santri Dewasa, Pembelajaran Santri Dewasa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 02 Aug 2019 00:34
Last Modified: 02 Aug 2019 00:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5702

Actions (login required)

View Item View Item