IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS INKLUSI DI SD PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA

EMA ASKHABUL, JANNAH (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS INKLUSI DI SD PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EMA ASKHABUL JANNAH_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS INKLUSI DI SD PUR.pdf

Download (791kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini didasarkan dalam Undang-undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat (1) mengamanatkan bahwa setiap warga Negara mempunyai kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan. Hal ini berarti bahwa anak yang memerlukan kebutuhan khusus termasuk anak yang mengalami kelainan dengan penglihatan, pendengaran, proses mental, memfungsikan sebagian anggota badan, tingkah laku dan anak yang mengalami kesulitan belajar berhak memperoleh kesempatan yang sama dalam pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas inklusi di SD Purba Adhi Suta Purbalingga. Teknik yang penulis gunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran PAI pada kelas inklusi di SD Purba Adhi Suta disesuaikan berdasarkan kebutuhan khusus anak, sehingga komponen-komponen pembelajaran dari materi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran bersifat fleksibel. Materi pembelajaran pendidikan agama Islam yang diberikan kepada siswa berkebutuhan khusus sama dengan materi yang disampaikan kepada siswa normal. Hanya saja, materi dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus di kelas tersebut. Kemudian untuk metode, guru PAI di SD Purba Adhi Suta Purbalingga dalam menentukan metode pembelajaran sudah dapat diterapkan untuk ABK sekaligus anak normal lainnya yang berada dalam satu kelas secara fleksibel. Evaluasi untuk siswa berkebutuhan khusus sama dengan evaluasi yang diberikan kepada siswa normal hanya saja disesuaikan dengan kemampuan masing-masing siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kelas Inklusi.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 01 Aug 2019 00:16
Last Modified: 01 Aug 2019 00:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5671

Actions (login required)

View Item View Item