PELAKSANAAN MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMPN 1 KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA

Wahyu Istinganan, 082333084 (2012) PELAKSANAAN MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMPN 1 KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (981kB) | Preview
[img] Text
Wahyu Istinganan_Pelaksanaan Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMPN 1 Karangmoncol.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan baik oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui bimbingan, pengajaran atau pelatihan yang dapat berlangsung di sekolah dan luar sekolah agar peserta didik mampu memainkan peranan secara tepat dalam lingkungan hidup, sekolah sebagai salah satu penyelenggara pendidikan sudah sepantasnya menyediakan segala sarana dan prasarana yang mendukung berhasilnya tujuan pendidikan tersebut. Tanpaadanyasaranadanprasaranapendidikanprosesbelajarmengajartidakdapatberjalansebagaimanamestinya.Namunadanyasaranadanprasaranatidakcukupuntukdapatmencapaikeberhasilansuatuprosesbelajarmengajartanpaadanyapelaksanaanmanajemen yang baik. Manajemen adalah suatu kegiatan untuk mencapai tujuan bersama yang dilakukan oleh individu-individu yang menyumbangkan upayanya yang terbaik melalui tindakan-tindakan yang telah ditetapkan sebelumnya. Hal tersebutlah yang melatar belakangi penulis menulis skripsi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana pendidikan di SMPN 1 Karangmoncol Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2011/ 2012, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan cara berfikir analisis kualitatif Metodeanalisis data yang digunakanterbagi menjadi tiga langkah yaitupertama, reduksi data adalah merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya dan membuang yang tidak diperlukan. Kedua, penyajian data dilakukan dalam bentuk naratif, dan yang ketiga adalah penarikan kesimpulan.Sedangkanmetodepengumpulandatanyayaituobservasi, wawancaradandokumentasi. Pelaksanaan Manajemensaranadan prasaranapendidikandiSMPN 1 KarangmoncolKabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2011/ 2012 meliputibeberapakegiatan,yaitu: perencanaan dan analisis kebutuhan, pengadaan perlengkapan, penyimpanan dan penyaluran barang, pemeliharaan perlengkapan, inventarisasi dan penghapusan serta pengawasan. Dari hasil penelitian dalam pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang ada sudah dilaksanakan secara baik dan maksimal, adanya kesadaran bersama dan sistem komunikasi yang terjalin oleh semua personil sekolah untuk menjaga dan memelihara sarana dan prasarana pendidikan, sehingga dalam pelaksanaan kegiatan manajemen sarana dan prasarana dapat berjalan secara efektif dan efisien. Kata Kunci: Manajemen,Sarana, Prasarana,Pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:40
Last Modified: 28 Jul 2016 02:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item