Pelaksanaan Pembelajaran Pada Program Kepesantrenan Di Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas

Kun Mar’atun Hasan, 1223308080 (2019) Pelaksanaan Pembelajaran Pada Program Kepesantrenan Di Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
KUN MAR’ATUN HASANAH _PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KEPESANTRENAN DI PONDOK PESANTREN M.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu kekhasan pendidikan di Indonesia adalah adanya lembaga pendidikan pesantren. Secara historis, pesantren telah ada dalam waktu yang relatif lama.Pesantren adalah institusi pertama di Nusantara yang mengembangkan pendidikan diniyah (keagamaan). Di Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas, terdapat program kepesantrenan, dimana program tersebut merupakan suatu kegiatan terstruktur yang dikelola oleh pesantren meliputi kegiatan pembelajaran keagamaan untuk santri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pada program kepesantrenan di Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yang besifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas. Dengan subyek penelitin meliputi, Ustadz Ustadzah, Santri, dan Kepala Program Kepesantrenan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pembelajaran pada program kepesantrenan dilaksanakan setiap hari, sesuai dengan jadwal dan menggunakan pendekatan pembelajaran dengan cukup bervariasi. Kondisi pembelajaran pun berlangsung dalam suasana kekeluargaan dan demokratis. Para santri terlihat saling akrab satu sama lain. Demikian juga komunikasi antara ustadz dan santri cukup bagus. Kemudian untuk metode pembelajaran menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode demonstrasi, metode kisah, metode sosiodrama dan bermain peran, metode peneladanan , dan pembiasaan. Untuk penerapan metode berjalan dengan lancar. Adapun aktivitas santri diselenggarakan pada pagi selepas shalat subuh dan sore hari selepas sholat Ashar. Aktivitas santri belajar mengomunikasikan/ melaporkan semua yang telah dikuasai di hadapan ustadz. Proses pembelajaran dilakukan untuk mencapai suatu tujuan yang telah dirumuskan. Hasil belajar di Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas mencakup tiga hal yaitu, pembentukan karakter, keilmuan, akhlak dan sikap sosial. Kata Kunci: Pembelajaran, Program Kepesantrenan dan Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Program Kepesantrenan dan Pondok Pesantren
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:40
Last Modified: 25 Jul 2019 01:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5665

Actions (login required)

View Item View Item