STIMULUS GURU DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS AL – IKHSAN BEJIKEDUNGBANTENG BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

NUR LAELIYAH, NIM. 082332028 (2012) STIMULUS GURU DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS AL – IKHSAN BEJIKEDUNGBANTENG BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NUR LAELIYAH_STIMULUS GURU DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS AL – IKHSAN BEJIKEDUNGBANTENG BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2011- 2012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (849kB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan, hubungan antara Guru dengan Siswa merupakan hubungan yang tidak dapat terpisahkan antara keduanya. Tanpa adanya dua hubungan tersebut maka pembelajaran tidak akan berjalan dan terwujud. Hubungan antara guru dengan siswa akan memunculkan adanya stimulus guru dan respons siswa. Stimulus guru merupakan suatu rangsangan atau gambaran yang bersifat positif yang diberikan oleh guru dalam proses belajar mengajar, sehingga memudahkan penyampaian materi. Sedangkan, respons siswa merupakan rasa keingintahuan siswa dan ketertarikan siswa pada materi pembelajaran yang diberikan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode penggumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan penulis adalah: 1. Stimulus yang diberikan oleh guru di dalam pembelajaran bahasa arab meliputi empat aspek ketrampilan, yaitu: Ketrampilan dalam aspek mendengar (استمع), ketrampilan dalam aspek membaca (قرأة), ketrampilan dalam aspek menulis (كتابة), dan ketrampilan dalam aspek berbicara (كلام). Sedangkan, respons yang ditunjukan oleh siswa meliputi tiga respon, yaitu: respons perseptual, respons emosional, dan respons behavioristik (tingkah laku). 2. Implementasi dari Stimulus guru dan respons siswa dalam pembelajaran bahasa arab sudah cukup baik, karena stimulus yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran dapat direspons oleh sebagian besar siswa dalam proses pembelajaran bahasa arab. Kata Kunci: stimulus guru dan respons siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:31
Last Modified: 28 Jul 2016 02:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/565

Actions (login required)

View Item View Item