METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARABTINGKAT PEMULA DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Joko Adi Panca Nugraha NIM. 102332004

Joko Adi Panca Nugraha, 102332004 (2019) METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARABTINGKAT PEMULA DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Joko Adi Panca Nugraha NIM. 102332004. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
Joko Adi Panca Nugraha_Metode Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Pemula di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat Tahun Pelajaran 2015-2016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penulisan skripsi ini adalah ketertarikan penulisuntuk mengatahui penggunaan metode pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas IIIMI Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Arab MI Darul Hikmah Bantarsoka Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisisdeskriptif. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena data yangdisampaikan berupa kata-kata untuk menggambarkan, menjelaskan danmengungkap kejadian-kejadian selama proses pembelajaran Bahasa Arab di kelas IIIMI Darul Hikmah Bantarsoka. Metode pengumpulan datayang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, display data danpenarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, metode yang digunakanguru di kelas IIIMI Darul Hikmah Bantarsoka dalam pembelajaran Bahasa Arab yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode drill dan metode bernyanyi.Kedua, penerapan metode pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas III MI Darul Hikmah Bantarsoka tahun pelajaran2015/2016 dengan cara ; metode ceramah, metode ceramah, guru menjelaskan materi dengan cara menyampaikan materi secara langsung atau lesan kepada siswa secara sederhana. Metode tanya jawab,setelah guru menjelaskan secara lesan, guru melakukan tanya jawab denganterlebih dahulu memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya, jikatidak ada yang bertanya maka guru yang bertanya. Metode demonstrasi guru mencontohkan cara percakapn bahasa arab kepada siswa. Metode drill dan metode bernyanyi digunakan untuk melatih dan memudahkan siswa menghafal mufrodatdi setiap materi pembelajaran bahasa arab. Kata kunci : Metode Pembelajaran, Mata Pelajaran Bahasa Arab, MI Darul Hikmah Bantarsoka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Mata Pelajaran Bahasa Arab, MI Darul Hikmah Bantarsoka
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Jul 2019 06:22
Last Modified: 24 Jul 2019 06:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5644

Actions (login required)

View Item View Item