MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI MAN PURBALINGGA KEC.PURBALINGGA WETAN, KAB.PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Ngatifatul Atfal, 082333054 (2012) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI MAN PURBALINGGA KEC.PURBALINGGA WETAN, KAB.PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
Ngatifatul Atfal_MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI MAN PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)

Abstract

Perpustakaan adalah salah satu sarana yang bisa dikatakan sebagai sarana yang sangat penting dalam pencapaian keberhasilan pembelajaran di sekolah. Perpustakaan sebagai lembaga yang berperan untuk menyediakan segala informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat sekolah membutuhkan pengelolaan yang baik. Untuk mencapai layanan yang baik seperti yang sudah diungkapkan, maka perpustakaan perlu adanya manajemen yang baik. Manajemen adalah suatu kegiatan untuk mencapai tujuan bersama yang dilakukan oleh individu-individu yang menyumbangkan upayanya yang terbaik melalui tindakan-tindakan yang telah ditetapkan sebelumnya. Hal tersebutlah yang melatar belakangi penulis menulis skripsi ini. Tujuan dan manfaat dari penulisan skripsi ini adalah mengetahui antara idealisme teori dengan realitas pelaksanaan manajemen Perpustakaan di MAN Purbalingga pada tahun pelajaran 2011/2012, sebagai bahan evaluasi bagi para petugas/pegawai yang ada di Perpustakaan tersebut. Lokasi yang dipilih adalah Perpustakaan MAN Purbalingga. Metode analisis data yang digunakan terbagi menjadi tiga langkah yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuannya adalah bahwa perencanaan disusun setiap awal tahun pelajaran yang meliputi perencanaan pengembangan koleksi perpustakaaan, pengolahan bahan pustaka, pemeliharaan dan pelestarian bahan pustaka, pelayanan bahan pustaka, promosi perpustakaan, dan peraturan perpustakaan. Pengorganisasian pada tahap pembagian kerja petugas belum terperinci. Penggerakan yang dilakukan kepala perpustakaan berjalan dengan kepemimpinan yang menggunakan pendekatan personal, arahan diberikan kepada petugas perpustakaan ketika terjadi masalah di lapangan. Komunikasi yang terjalin tidak hanya terbatas pada masalah-masalah yang berkaitan dengan tugas perpustakaan saja dan pemberian motivasi dilakukan sewaktu-waktu serta kepala perpustakaan memberikan wewenang kepada para petugas ketika terjadi masalah. Tahap pengawasan dilakukan setiap harinya agar kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi tidak berlanjut. Penilaian dilakukan dengan pelaporan setiap akhir semester dan tahun pelajaran. Dan ada faktor pendukung terlaksananya kegiatan manajemen di perpustakaan ini yakni adanya kerjasama yang baik diantara pengelola perpustakaan, perencanaan dilakukan oleh seluruh anggota serta laporan dilakukan setiap hari. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak adanya ruang khusus untuk pengolahan buku, latar belakang pendidikan para petugas yang tidak sesuai dengan bidang pekerjaannya, serta pembagian kerja yang belum terperinci. Kata Kunci: Manajemen Perpustakaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences
000 Generalities > 020 Library and information sciences > 022 Administration of the physical plant
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:34
Last Modified: 28 Jul 2016 02:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item View Item