METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 KEDUNGWULUH LOR KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

Marwiyah, Marwiyah (2019) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 KEDUNGWULUH LOR KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTAR_PUSTAKA_MARWIYAH.pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text
MARWIYAH_METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 KEDUNGWULUH LOR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terdiri dari beberapa komponen yang saling berkaitan berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Komponen-komponen pembelajaran tersebut mempunyai tugas masing-masing yang saling berkaitan, untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut yang tidak kalah pentingnya adalah metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran berlangsung yang sesuai dengan materi-materi yang diajarkan dengan kondisi siswa pada saat mengikuti proses pembelajaran agar siswa dapat menerima materi pelajaran tersebut dengan baik dan tentunya standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditentukan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Kedungwuluh Lor Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2018/2019, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajarannya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadai pada saat sekarang. Adapun pendekataan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subyeknya adalah kepala sekolah, guru PAI dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan pengumpulan data yang kemudian direduksi data, penyajian data, diakhiri dengan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa metode pembelajaran mata pelajaran PAI di kelas IV SD Negeri SD Negeri 2 Kedungwuluh Lor dilakukan dengan menerapkan metode bervariasi, dan telah sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan. Metode yang diterapkan sangat variatif dan keaktifan siswa sangat diprioritaskan. Adapun metode pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran PAI di kelas IV SD Negeri SD Negeri 2 Kedungwuluh Lor adalah: metode ceramah bervariasi, tanya jawab, drill, sorogan, diskusi, pembagian tugas, demonstrasi dan praktek, dan bermain peran, yang dikolaborasikan dengan baik dan tepat. Pemilihan metode pembelajaran telah disesuaikan dengan kompetensi atau materi pelajaran yang harus dikuasai siswa dan waktu yang tersedia. Dalam proses pembelajaran PAI, metode pembelajaran yang diterapkan guru tidak digunakan sendiri-sendiri melainkan merupakan kombinasi dari beberapa metode mengajar yang disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Hal ini dilakukan, karena penggunaan metode yang bervariasi akan memaksimalkan pembelajaran PAI di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 25 Jul 2019 00:45
Last Modified: 25 Jul 2019 00:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5637

Actions (login required)

View Item View Item