IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA TULIS TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH COKROAMINOTO TRIBUANA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA

Nikmat, Hidayatulloh (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA TULIS TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH COKROAMINOTO TRIBUANA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
NIKMAT HIDAYATULLOH_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Cokroaminoto Tribuana berawal dari keprihatinan kurangnya pendidikan Agama, terutama porsi jam pembelajaran PAI yang dilaksanakan di sekolah umum (formal) baik ditingkat SD maupun SMP, khususnya pembelajaran tentang baca tulis Al-Qur’an dan keinginan bersama dalam membentuk akhlak peserta didik, baik itu akhlak kepada Tuhannya maupun terhadap sesama. Madrasah ini menjadi solusi bagi peserta didik yang di lingkungan rumahnya kurang mendapatkan pendidikan agama, terutama mengenai pembelajaran baca tulis Al-Qur’an, inilah yang menggugah minat penulis untuk meneliti lebih dalam terkait pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Cokroaminoto Tribuana. Apalagi Madrasah Diniyah tersebut berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Cokroaminoto Cabang Banjarnegara yang tentu jarang orang yang mengetahui tentang Madrasah Diniyah tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penilitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan apa adanya tentang bagaimana implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Cokroaminoto Tribuana. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Cokroaminoto Tribuana. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Penulis menggunakan analisi model Miles Huberman yang meliputi reduksi data, data display dan verifikasi atau kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Cokroaminoto Tribuana dilakukan dengan tiga tahap. Pertama, perencanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an meliputi perencanaan perangkat pembelajaran, merencanakan pengelompokkan santri, menyiapkan bahan ajar dan metode. Kedua, pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an terbagi menjadi beberapa mata pelajaran, di antaranya Tadarus (membaca Iqra’/Al-Qur’an), Ilmu Tajwid dan Imla. Ketiga, evaluasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an meliputi, tes kenaikan halaman dan jilid, tes imla, tes hafalan, UTS, UAS, UM dan ujian praktik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, pembelajaran baca tulis Al-Qur’an.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 24 Jul 2019 02:05
Last Modified: 24 Jul 2019 02:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5615

Actions (login required)

View Item View Item