PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNARUNGU KELAS V DI SDLB B YAKUT PURWOKERTOKABUPATEN BANYUMAS

MasitohDewimah Al Qomariah, 1522402150 (2019) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNARUNGU KELAS V DI SDLB B YAKUT PURWOKERTOKABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
MASITOH DEWIMAH AL QOMARIAH_PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNARUNGU KELAS V DI SDLB B YAKUT PURWOKERTOKABUPATEN BANYUMAS MasitohDewimah Al Qomariah (NIM. 1522402150) Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto ABSTRAK Pendidikan merupakan hak bagi setiap warga Negara Indonesia, tanpa terkecuali pendidikan untuk anak-anak berkebutuhan khusus dalam hal ini anak tunarungu.Adapun pendidikan yang memerlukan perhatian khusus saat ini adalah pendidikan agama Islam. Pendidikan agama akan menjadi pondasi bagi peserta didik untuk menjalankan kehidupan sesuai tuntunan ajaran Islam. Kegiatan belajar mengajar bagi peserta didik yang memiliki kelainan dalam pendengaran membutuhkan media pembelajaran yang cocok seperti media gambar, guna memudahkan peserta didik memahami materi pelajaran.Penggunaan media gambar dalam pembelajaran pendidikan agama Islam memiliki peran penting bagi anak-anak tunarungu, karena dalam menangkap informasi dan pesan yang disampaikan, anak tunarungu mengandalkan kemampuan penglihatannya atau kemampuan visual yang mereka miliki.Melalui penggunaan media gambar dalam pembelajaran PAI diharapkan membantu peserta didik mendapatkan pembelajaran yang efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dimana penulis terjun langsung ke tempat penelitian untuk mengumpulkan data dan informasi.Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan observasi, wawancara, dokumentasi), data yang diperoleh merupakan data kualitatif danpenyajian data bersifat deskriptif/kualitatif. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang penulis peroleh dalam penelitian ini bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam pada anak tunarungu kelas V di SDLB B Yakut Purwokerto dilakukan memalui tiga tahap.Pertama, tahap perencanaan yaitu guru menyiapka RPP dan memilih gambar yang sesuai dengan materi pembelajaran, gambar tersebut berupa gambar jadi yang menunjukkan suatu aktivitas manusia.Kedua, tahap pelaksanaan bahwa penggunaan media gambar sangat membantu peserta didik untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru, pada tahap ini peserta didik diminta untuk mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengasosiasikan. Ketiga, tahap evaluasi yaitu guru menyimpulkan kekurangan dan kelebihan serta menentukan aspek pendukung dan penghambat dalam pembelajaran sehingga membawa perubahan menuju pada pembelajaran yang lebih baik. Kata kunci : media gambar, pendidikan agama Islam, tunarungu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media gambar, pendidikan agama Islam, tunarungu
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Jul 2019 08:26
Last Modified: 23 Jul 2019 01:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5597

Actions (login required)

View Item View Item