PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI PERUBAHAN YANG TERJADI PADA PERTUMBUHAN HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II MI MA’ARIF NU KABUNDERAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

TITIN KHASANAH, NIM 092336012 (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI PERUBAHAN YANG TERJADI PADA PERTUMBUHAN HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II MI MA’ARIF NU KABUNDERAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
TITIN KHASANAH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI PERUBAHAN YANG TERJADI PADA PERTUMBUHAN HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (761kB) | Preview

Abstract

Interaksibelajar yang dilakukanolehsiswasebagaipelajardengan guru sebagaipembelajardapatmenimbulkanmasalah-masalahbelajar.Dalampembelajaran IPAkompetensidasarmengidentifikasiperubahan yang terjadipadapertumbuhanhewandantumbuhansiswakelas II MI Ma’arif NU Kabunderanmemilikiberbagaihambatan.Terbuktidariobservasiawal, materitersebutdirasasukarolehsebagianbesarsiswa, disebabkanbanyaknyamateri yang sukarditangkapsiswamelaluimetodeceramah, siswamembutuhkanalatperagaataupunmetode yang dapatmenunjangpembelajarantersebut.Sebagaisolusinya, makadilaksanakanpembelajaran IPA kompetensidasarmengidentifikasiperubahan yang terjadipadapertumbuhanhewandantumbuhanmelaluimetodepicture and picturemelaluipenelitiantindakankelaspadasiswakelas II MI ma’arif NU Kabunderantahunpelajaran 2012/2013. NamunapakahdenganmenerapkanmetodepembelajaranPicture and Picturedapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadalampembelajaran IPA?.Penelitianinidilakukanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas II kompetensidasarmengidentifikasiperubahan yang terjadipadapertumbuhanhewandantumbuhanmelaluimetodepembelajaranPicture and Picture di MI Ma’arif NU KabunderanKec.KaranganyarKab. Purbalinggatahunpelajaran 2012/2013. Penelitianiniadalahpenelitiantindakankelas yang merupakanpenelitiankolaboratif yang merupakanpenelitian yang dilakukanolehpenelitiatau guru di kelasnyasendiridengandibantuolehseorangtemansejawat.Subjekpenelitiannyaadalahsiswakelas II dan guru kelas II MI Ma’arif NU KabunderanKec. Karanganyarkab.Purbalingga.Metodepengumpulan data denganmenggunakanmetodetes, observasi, metodewawancara, danmetodedokumentasi.Metodeanalisis data yang digunakanadalahteknikstatistikdeskriptif. Berdasarkanpenelitian yang telahdilakukan, makadapatdisimpulkanbahwaterjadipeningkatanhasilbelajarsiswadarisiklus I kesiklus II.Perolehanhasiltiapsiklusnyayaitupadasiklus I terdapat 6 siswatuntasatau 42,86% ketuntasanbelajarsiswa, padasiklus II menjadi 12 siswatuntasatau 85,71% ketuntasanbelajarsiswa. Sehinggadapatdisimpulkanbahwapembelajarandenganmenggunakanmetodepicture and picturedapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadakompetensidasarmengidentifikasiperubahan yang terjadipadapertumbuhanhewandantumbuhankelas II MI Ma’arif NU KabunderanKaranganyarPurbalinggatahunpelajaran 2012/2013. Kata Kunci :Peningkatanhasilbelajar,metodepicture and picture, danperubahan yang terjadipadapertumbuhanhewandantumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 27 Jul 2016 07:11
Last Modified: 27 Jul 2016 07:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item View Item