PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR KABUPATEN BANYUMAS

NIDAKHUL, KHASANAH (2019) PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (851kB) | Preview
[img] Text
COVER_ABSTRAK_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena ketertarikan peneliti dengan berbagai bentuk kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor yang bertujuan membentuk karakter peserta didik agar berakhlak yang baik dan berkualitas. Degradasi moral dan akhlak anak menjadi masalah yang serius, untuk itu pembentukan karakter melalui metode pembiasaan perlu dilaksanakan sejak anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang pembentukan karakter siswa melalui metode pembiasaan di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dimana peneliti terjun langsung ke lapangan terkait data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya adalah menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi Data/penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembentukan Karakter siswa melalui Metode Pembiasaan di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor dilaksanakan dengan membiasakan peserta didiknya melakukan kegiatan-kegiatan pembiasaan yang memuat 18 nilai karakter bangsa diantaranya: sholat dhuha dan dhuhur berjama’ah, pembacaan asmaul husna, upacara bendera, piket kelas, berjabat tangan dan mencium tangan guru, senam, jum’at bersih, hafalan surat pendek dan materi pelajaran, baris di depan kelas, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, tadarus Al Qur’an, membuang sampah pada tempatnya, kegiatan ekstrakurikuler, infaq jariyah dan budaya membaca. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan melalui 3 tahap yaitu tahap pengetahuan (knowing), pelaksanaan (acting) dan pembiasaan (habit). Penciptaan suasana kondusif dan fasilitas yang memadai turut mendukung dalam proses pelaksanaan pembentukan karakter siswa melaui metode pembiasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter, Metode Pembiasaan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 23 Jul 2019 00:22
Last Modified: 23 Jul 2019 00:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5568

Actions (login required)

View Item View Item