PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG PADA SISWA KELAS RENDAH MI ROUDHOTUL MUHIBBIN KECAMATAN CIBITUNG KABUPATEN BEKASI

Putri Puji Ayu, Lestari (2019) PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG PADA SISWA KELAS RENDAH MI ROUDHOTUL MUHIBBIN KECAMATAN CIBITUNG KABUPATEN BEKASI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (564kB) | Preview
[img] Text
PUTRI PUJI AYU LESTARI_PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengajaran remedial dalam meningkatkan kemahiran membaca, menulis, dan berhitung pada siswa kelas rendah di MI Roudhotul Muhibbin Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi. Pelaksanaan pengajaran remedial meliputi perencanaan, pelaksanaan,tindak lanjut, dan hambatan-hambatan pengajaran remedial. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas I, II, dan III. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan guru mendiagnosis kesulitan membaca, menulis, dan berhitung siswa dengan mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan melalui analisis nilai evaluasi dan mencari tahu letak kesulitan belajar siswa dengan melihat hasil pekerjaannya. Guru sudah menentukan faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Guru melakukan layanan konseling untuk siswa. Pelaksanaan pengajaran remedial menggunakan pendekatan preventif. Pembelajaran remedial dilakukan setelah jam pembelajaran regular. Metode yang digunakan yaitu metode pemberian tugas, tanya jawab, dan pengajaran individual. Rekomendasi siswa yang masih mengalami kesulitan adalah diberi materi tambahan sesuai tingkat kemahirannya. Hambatan perencanaan yang dialami guru adalah penyusunan materi remedial, sedangkan hambatan pelaksanaan adalah waktu pelaksanaan serta memahami kemampuan siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Remedial Teaching, membaca, menulis, berhitung
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 23 Jul 2019 00:20
Last Modified: 23 Jul 2019 00:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5566

Actions (login required)

View Item View Item