METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS VIII DI SLB YAKUT C PURWOKERTO BANYUMAS

Kusmiati, 1223301080 (2019) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS VIII DI SLB YAKUT C PURWOKERTO BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text
KUSMIATI_METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS VIII DI S.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus kelas VIII di SLB YAKUT C Purwokerto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu penulis melakukan penelitian langsung di lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi lokasi responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi (pengamatan), interview (wawancara), dokumentasi dan gabungan ketiganya. Tujuan jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif karena bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis keadaan yang sebenarnya terjadi di lokasi penelitian mengenai metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus kelas VIII di SLB YAKUT C Purwokerto. Sebagai hasil penelitian ini adalah bahwa Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus kelas VIII di SLB YAKUT C Purwokerto sudah cukup baik walaupun masih banyak terdapat kekurangan-kekurangan. Pada awal pembelajaran setiap guru masuk kelas selalu melakukan pendahuluan dengan ceramah, kemudian melakukan pengulangan materi yang sudah diajarkan pada pertemuan sebelumnya. Apabila peserta didik belum paham maka diulang kembali. Setiap pembelajaran peserta didik harus mencatat agar tidak lupa. Setelah itu guru menjelaskan materi dengan ceramah, kemudian diskusi dan tanya jawab tentang materi supaya materi dapat diterima dan dipahami dengan baik. Metode yang lebih ditekankan oleh guru adalah diskusi dan tanya jawab agar siswa aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 20 Jul 2019 02:34
Last Modified: 20 Jul 2019 02:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5541

Actions (login required)

View Item View Item