IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI KELAS IIIA MI MUHAMMADIYAH PENGADEGAN PURBALINGGA

Indah Ageng, Pertiwi (2019) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI KELAS IIIA MI MUHAMMADIYAH PENGADEGAN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
INDAH AGENG PERTIWI_IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi strategi pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran Bahasa Jawa di Kelas IIIA MI Muhammadiyah Pengadegan Purbalingga. Kajian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang tertarik dengan pembelajaran Bahasa Jawa. Salah satu materi yang kurang diminati siswa dalam pembelajaran Bahasa Jawa adalah materi Aksara Jawa, mereka beranggapan asksara Jawa itu sulit. Dari observasi pendahuluan yang penulis lakukan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Bahasa Jawa guru mengimplementasika strategi pembelajaran Index Card Match. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi strategi pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran Bahasa Jawa di Kelas IIIA MI Muhammadiyah Pengadegan Purbalingga?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran Bahasa Jawa di kelas IIIA MI Muhammadiyah Pengadegan Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch). Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru kelas IIIA, siswa kelas IIIA, dan kepala madrasah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru telah mengimplementasikan strategi pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran Bahasa Jawa di Kelas IIIA MI Muhammadiyah Pengadegan Purbalingga melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan meliputi penyusunan RPP dan seluruh komponen yang terdapat dalam RPP. Tahap pelaksanaan yang dilakukan guru meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Kegiatan awal dilakukan guru dengan cara memberi motivasi, memusatkan perhatian dan pembiasaan sebelum pembelajaran. kegiatan inti guru mengimplementasikan strategi pembelajaran Index Card Match melalui langkah-langkah dari strategi tersebut. Kegiatan akhir, guru memberikan kesimpulan dari materi pembelajaran. Tahap evaluasi dilakukan melalui kegiatan tes tertulis dan tidak tertulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Index Card Match, Bahasa Jawa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 20 Jul 2019 06:10
Last Modified: 20 Jul 2019 06:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5532

Actions (login required)

View Item View Item