KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA’HAD AT-TARBIYAH SASNUPATHAM SHCOOL PROPINSI PATANI (SELATAN THAILAND)

Sainab, Che'do (2019) KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA’HAD AT-TARBIYAH SASNUPATHAM SHCOOL PROPINSI PATANI (SELATAN THAILAND). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (861kB) | Preview
[img] Text
COVER_ABSTRAK_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran pribadi muslim pada diri siswa dapat diwujudkan melalui pendidikan agama Islam yang mana salah satu wadah penanaman nilai-nilai keislaman pada diri siswa melalui pendidikan keagamaan adalah sekolah. Pada dasarnya pelaksanaan pendidikan agama Islam disekolah umum bukan hanya sekedar memberikan pengetahuan agama Islam kepada siswa, akan tetapi yang lebih penting adalah bagaimana siswa mau dan mampu mengamalkan ajaran Islam itu sendiri. Pada umumnya sekolah telah memberikan perhatian terhadap pendidikan agama, sebagaimana terlihat dari adanya kurikulum agama dan berbagai kegiatan keagamaan di sejumlah sekolah dewasa ini. Akan tetapi, pelaksanaan pendidikan agama yang berlangsung di sekolah masih mengalami banyak kelemahan. Titik lemah pembelajaran bidang Studi Pendidikan Agama Islam terletak pada komponen yang meliputi, Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui (1) kurikulum pendidikan agama Islam di Ma’hat At-tarbiyah Sasnupatham school Propinsi Patani (Selatan Thailand) (2) aktivitas (hidden Curriculum) pendidikan agama islam di Ma’hat At-tarbiyah Sasnupatham school Propinsi Patani (Selatan Thailand). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Ma’hat At-tarbiyah Sasnupatham school Propinsi Patani (Selatan Thailand). Sumber data yang digunakan berasal dari Guru PAI, Kepsek, Waka Kurikulum. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat diketahui bahwasanya kurikulum pendidikan agama Islam di Ma’hat At-tarbiyah Sasnupatham school Propinsi Patani (Selatan Thailand) telah dilaksanakan dengan melakukan (1) penyusunan perencanaan Pembelajaran oleh guru PAI yang berpedoman pada silabus yang ada dalam kurikulum Thailand PAI, (2) pemilihan media maupun penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dan (3) Tehnik evaluasi yang ada di pembelajaran pendidikan agama Islam di Ma’hat At-tarbiyah Sasnupatham school Propinsi Patani (Selatan Thailand) yaitu tes tulis, Tanya jawab, dan tanggapan siswa terkait materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam di Patani
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 23 Jul 2019 00:09
Last Modified: 23 Jul 2019 00:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5530

Actions (login required)

View Item View Item