PENERAPAN METODE BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL GENTASARI TAHUN AJARAN 2012-2013

NUR INDAH PERMATASARI, NIM. 082331116 (2013) PENERAPAN METODE BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL GENTASARI TAHUN AJARAN 2012-2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NUR INDAH PERMATASARI_PENERAPAN METODE BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL GENTASARI TAHUN AJARAN 2012-2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (652kB) | Preview

Abstract

Metode bermain adalah metode yang didesain untuk menciptakan suasana pembelajaran yang merangsang keterlibatan peserta didik secara aktif dan memberikan pengalaman yang bermakna, sehingga peserta didik memiliki sikap kemandirian dalam belajar menuju terbentuknya pribadi yang belajar sepanjang hayat. Dunia anak adalah bunia bermain. Dengan bermain, siswa akan merasa senang dan memudahkan masuknya ilmu yang ditransferkan oleh penedidik. Dan peserta didik akan memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif yang pada akhirnya dapat menemukan hal-hal yang baru yang dapat membawa kemajuan untuk dirinya. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya dalam pembelajaran pendidikan agama islam dengan menggunakan metode bermain untuk mencapai hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bermain dalam pembelajaran pendidikan agama islam di TK Aisyiyah Bustanul Athfal di desa Gentasari. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif analisis. Dikatakan deskritif analisis karena penelitian ini bersifat pemaparan suatu keadaan yang apa adanya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis induktif dan deduktif yaitu pengambilan kesimpulan bermula dari fakta-fakta atau peristiwa umum kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat khusus. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat penulis simpulkan bahwa metode yang digunakan dalam penerapan metode bermain dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah : Metode bermain peran, bermain game seperti : tadarus berantai, oper kartu, menulis diudara, mencari pasangan dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 27 Jul 2016 02:06
Last Modified: 27 Jul 2016 02:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/553

Actions (login required)

View Item View Item