ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS

Umi, Saadah (2019) ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text
UMI SAADAH_ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat Banyumas Tahun Pelajaran 2018/2019, apabila ditinjau dari analisis: validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan fungsi pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas, terdiri dari 40 butir soal pilihan ganda. Soal tersebut dianalisis berdasarkan validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan fungsi pengecoh. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A dan B MI Darul Hikmah Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan interview (wawancara). Data tersebut dianalisis menggunakan program Anates V4 . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; kualitas butir soal pilihan ganda, terdapat hasil sebagai berikut: (1) Ditinjau dari segi validitas isi, butir soal sudah valid dan validitas item, terdapat soal yang valid berjumlah 33 soal (87%) dan tidak valid berjumlah 7 soal (13%). (2) Ditinjau dari segi reliabilitas, soal memiliki tingkat reliabilitas tinggi yaitu sebesar 0,93. (3) Ditinjau dari tingkat kesukaran, 8 soal (20%) termasuk kategori sukar, 31 soal (78%) termasuk kategori sedang, dan 1 soal (2%) termasuk kategori mudah. (4) Ditinjau dari daya pembeda, 2 soal (5%) Tidak Mempunyai Daya beda, 5 Soal (13%) termasuk kategori lemah, 1 soal (2%) termasuk kategori cukup, 16 soal (40%) termasuk kategori baik, dan 16 soal (40%) termasuk kategori baik sekali. (5) Ditinjau dari fungsi pengecoh, 19 soal (47%) telah berfungsi dengan baik, dan 21 soal (53%) terdapat beberapa alternatif jawaban sebagai pengecoh belum berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan, Daya Pembeda, Fungsi Pengecoh
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 23 Jul 2019 00:18
Last Modified: 23 Jul 2019 00:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5529

Actions (login required)

View Item View Item