PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KELOMPOK ILMIAH REMAJA DI MAN 3 CILACAP

Solikhatun, Kamaliyah (2019) PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KELOMPOK ILMIAH REMAJA DI MAN 3 CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
SOLIKHATUN KAMALIYAH_PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI MELALUI KEG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan utama pendidikan yaitu menyiapkan peserta didik yang berintektual dan bermoral tinggi/berakhlak yang baik sebagai generasi penerus bangsa. Namun, saat ini telah muncul beberapa fakta bahwa banyak peserta didik sebagai produk pendidikan di sekolah belum menampakkan kualitas moral dan karakter yang baik, terdapat begitu banyak persoalan yang melanda dunia pendidikan Indonesia sekarang ini. Melihat hal ini maka peningkatan pendidikan karakter/pendidikan akhlak dalam dunia pendidikan saat ini sangat dibutuhkan. Penekanan melalui nilai-nilai Islam juga sangat mendukung dan dibutuhkan untuk membentuk karakter/akhlak yang baik dalam diri peserta didik. Integrasi nilai-nilai karakter/akhlak di sekolah dapat dilakukan melalui kegiatan di luar pembelajaran seperti ekstrakurikuler yang sekaligus dapat mengembangkan bakat, minat, serta potensi peserta didik. Salah satu bentuk ekstrakurikuler yang ada di sekolah atau Madrasah yaitu ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) yang penuh dengan kegiatan ilmiah dan sering meraih prestasi bahkan sampai tingkat Nasional. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini yaitu karakter Islami apa saja yang dapat terbentuk melalui kegiatan ekstrakurikuler KIR di MAN 3 Cilacap?; dan bagaimanakah pembentukan karakter Islami melalui kegiatan ekstrakurikuler KIR di MAN 3 Cilacap?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan karakter Islami yang dapat terbentuk melalui kegiatan ekstrakurikuler KIR di MAN 3 Cilacap serta mendeskripsikan bagaimana pembentukannya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan dan menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan fakta di lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk metode analisis datanya terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tujuh nilai karakter Islami yang dapat terbentuk melalui kegiatan ekstrakurikuler KIR di MAN 3 Cilacap dengan dasar keimanan dan rasa syukur terhadap Allah SWT yang dimiliki anggota KIR serta dengan adanya integrasi agama dan Sains dalam kegiatan ekstrakurikuler KIR, diantara karakter Islami tersebut yaitu jujur dan disiplin, kerja keras, tanggung jawab, religius, bersahabat (komunikatif), dan rasa ingin tahu yang tinggi. Pembentukan karakter Islami ini dilakukan dengan model keteladanan, arahkan, dorongan, kontinuitas, ingatkan, dan repetisi melalui kegiatan penelitian/percobaan ilmiah, diskusi dalam kegiatan rutin ekstrakurikuler KIR, kompetisi karya tulis ilmiah, dan workshop/perkemahan KIR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter, Islami, Ekstrakurikuler, Kelompok Ilmiah Remaja.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
300 Social sciences > 370 Education > 374 Adult education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 23 Jul 2019 00:07
Last Modified: 23 Jul 2019 00:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5527

Actions (login required)

View Item View Item